Tingkat objektivitas pemberitaan kampanye terbuka capres dan cawapres dalam pilpres Indonesia 2019 di media online okezone.com, viva.co.id, mediaindonesia.com dan republika.co.id

Cahyanti, Angela Yerosela Ramonda (2019) Tingkat objektivitas pemberitaan kampanye terbuka capres dan cawapres dalam pilpres Indonesia 2019 di media online okezone.com, viva.co.id, mediaindonesia.com dan republika.co.id. Undergraduate thesis, Widya Mandala Catholic University Surabaya.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 1)
BAB I.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text (BAB 2)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (361kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (221kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (687kB) | Request a copy
[img]
Preview
Text (BAB 5)
BAB V.pdf

Download (410kB) | Preview
[img] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (17MB) | Request a copy

Abstract

Pemilihan Presiden Indonesia 2019 kali ini diikuti oleh dua kandidat, yaitu Joko Widodo yang berpasangan dengan Ma’ruf Amin serta Prabowo Subianto yang berpasangan dengan Sandiaga Uno. Pemilihan tahun ini menjadi menarik untuk diteliti terutama dalam hal pemberitaan di media online. Sebab saat ini banyak sekali partai politik bahkan anggota tim sukses dalam pemilihan Presiden Indonesia 2019 yang berafiliasi dengan media online. Dengan adanya afiliasi antara partai politik dengan media online di sini, membuat keraguan dalam hal keobjektivas pemberitaan yang disajikan oleh beberapa media online. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah objektivitas pemberitaan, berita politik, media online, media dan politik, kepemilikan media dan analisis isi. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif. Metode yang digunakan adalah analisis isi. Pemberitaan kampanye terbuka capres dan cawapres dalam Pilpres 2019 di media online okezone.com, viva.co.id, mediaindonesia.com, republika.com sebanyak 293 berita. Dan hasil dari penelitian ini, bahwa keempat media online tersebut memiliki objektivitas tinggi. Namun republika.co.id merupakan media online yang mengandung objektivitas paling tinggi. Sedangkan viva.co.id merupakan media online yang mengandung objektivitas paling rendah.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Department: S1 - Ilmu Komunikasi
Contributors:
ContributionContributorsNIDN / NIDKEmail
Thesis advisorKrisdinanto, NanangNIDN0726126602nangkris@ukwms.ac.id
Uncontrolled Keywords: Objektivitas, Jokowi-Ma’ruf, Prabowo-Sandiaga, media online
Subjects: Communication Science
Divisions: Faculty of Communication Science > Communication Science Study Program
Depositing User: Users 7596 not found.
Date Deposited: 06 Jan 2020 07:48
Last Modified: 08 Jan 2020 02:14
URI: http://repository.wima.ac.id/id/eprint/20401

Actions (login required)

View Item View Item