Gambaran kemampuan fungsi eksekutif pada individu dengan Autism Spectrum Disorder

Julianny, Aviana (2019) Gambaran kemampuan fungsi eksekutif pada individu dengan Autism Spectrum Disorder. Undergraduate thesis, Widya Mandala Catholic University Surabaya.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (583kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 1)
BAB I.pdf

Download (116kB) | Preview
[img] Text (BAB 2)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (143kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (170kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5)
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (207kB) | Request a copy
[img] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Dalam satu dekade terakhir, jumlah anak dengan Autism Spectrum Disorder (ASD) semakin meningkat, Autism Spectrum Disorder (ASD) merupakan gangguan neurodevelopmental yang mempengaruhi perkembangan fungsi eksekutif seseorang. Kemampuan fungsi eksekutif mempengaruhi cara individu memecahkan masalah secara dinamis, mengambil keputusan, dan merencanakan. Terdapat tiga aspek kemampuan fungsi eksekutif yang saling mempengaruhi, yaitu inhibition control, working memory, dan cognitive flexibility. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran kemampuan fungsi eksekutif pada individu dengan ASD yang memiliki tingkat keparahan level 1. Melalui metode studi kasus, peneliti melakukan observasi terstruktur terhadap dua informan berusia antara 6 – 12 tahun yang didiagnosa mengalami ASD level 1. Peneliti juga melakukan wawancara terstruktur kepada orangtua, shadow teacher dan terapis kedua informan. Data penelitian dianalisa dengan pendekatan theory-led yang divalidasi dengan validitas komunikatif dan argumentatif. Hasil analisis data menunjukkan terdapat perbedaan kemampuan fungsi eksekutif antara kedua informan. Informan pertama telah cukup konsisten mengembangkan aspek inhibition control, working memory dan cognitive flexibility dibanding informan kedua, terutamana pada aspek inhibition control. Hasil dari penelitian ini menyarankan adanya kerjasama yang baik antara orangtua, guru dan terapis agar kemampuan Fungsi Eksekutif pada anak dengan ASD dapat dikembangkan dan ditingkatkan secara bertahap.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Department: S1 - Psikologi
Contributors:
ContributionContributorsNIDN / NIDKEmail
Thesis advisorSidjaja, Fransisca FebrianaNIDN0728028204ffsidjaja@yahoo.com
Uncontrolled Keywords: Autism Spectrum Disorder (ASD), kemampuan fungsi eksekutif, inhibition control, working memory dan cognitive flexibility
Subjects: Psychology
Divisions: Faculty of Psychology > Psychology Study Program
Depositing User: Aviana Julianny
Date Deposited: 03 Feb 2020 08:50
Last Modified: 27 Apr 2020 15:34
URI: http://repository.wima.ac.id/id/eprint/20461

Actions (login required)

View Item View Item