Motif followers dalam mengakses @collegemenfess di media sosial Twitter

Agoestin, Mayang Ananda (2019) Motif followers dalam mengakses @collegemenfess di media sosial Twitter. Undergraduate thesis, Widya Mandala Catholic University Surabaya.

[thumbnail of ABSTRAK]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (790kB) | Preview
[thumbnail of BAB 1]
Preview
Text (BAB 1)
BAB 1.pdf

Download (523kB) | Preview
[thumbnail of BAB 2] Text (BAB 2)
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (228kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 3] Text (BAB 3)
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (254kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 4] Text (BAB 4)
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 5]
Preview
Text (BAB 5)
BAB 5.pdf

Download (348kB) | Preview
[thumbnail of LAMPIRAN] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (956kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini berfokus mengenai motif followers dalam mengakses @collegemenfess di media sosial Twitter. Akun @collegemenfess adalah sebuah autobase yang berasal dari kata “Automatic” dan “Fanbase” yang berfungsi sebagai wadah bagi followernya untuk mengirim curhatan atau topik secara anonim lewat DM (direct messages). Akun @collegemenfess memiliki tema tentang perkuliahan. Dalam teori uses and gratification membahas bagaimana khalayak menjadi aktif dalam memilih media massa yang ingin dikonsumsi. Khalayak juga dalam mengonsumsi media pasti ada motif-motif yang mendasarinya. Motif tersebut menurut Whiting & William terdapat 10 indikator yaitu: interaksi sosial, pencarian informasi, untuk mengisi waktu, sebagai hiburan, untuk relaksasi, untuk mengekspresikan pendapat, perangkat untuk berkomunikasi, perangkat yang menyenangkan, saling membagikan informasi, dan pengetahuan tentang orang lain. Jenis penelitian yang dilakukan adalah deskriptif dengan pendekatan kuantitatif dan menggunakan metode online survey (E-survey). Hasil dari penelitian ini ditemukan bahwa motif followers dalam mengakses @collegemenfess di media sosial Twitter adalah tinggi. Motif tertinggi yang dimiliki terletak pada motif interaksi sosial. Sedangkan motif terendahnya ada pada motif relaksasi.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Department: S1 - Ilmu Komunikasi
Contributors:
Contribution
Contributors
NIDN / NIDK
Email
Thesis advisor
Widyaningrum, Anastasia Yuni
NIDN0701067803
UNSPECIFIED
Thesis advisor
Akhsaniyah, .
NIDN0702087602
UNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Motives, uses and gratification, Twitter, autobase, @collegemenfess, online survey
Subjects: Communication Science
Divisions: Faculty of Communication Science > Communication Science Study Program
Depositing User: Users 7610 not found.
Date Deposited: 14 Jan 2020 04:15
Last Modified: 14 Jan 2020 04:15
URI: http://repository.ukwms.ac.id/id/eprint/20476

Actions (login required)

View Item View Item