Hubungan antara self regulated learning dan stress akademik mahasiswa bidikmisi UKWMS

Halan, Veronika Patricia (2019) Hubungan antara self regulated learning dan stress akademik mahasiswa bidikmisi UKWMS. Undergraduate thesis, Widya Mandala Catholic University Surabaya.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 1)
BAB 1.pdf

Download (125kB) | Preview
[img] Text (BAB 2)
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (206kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3)
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (143kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4)
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (268kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5)
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (272kB) | Request a copy
[img] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Stres akademik adalah stres yang biasa terjadi pada mahasiswa. Menurut Taylor stres akademik adalah stres adalah pengalaman yang bersifat negatif yang berasal dari perubahan biokimia, fisiologis, kognitif, dan perilaku yang dapat diprediksi untuk mengubah keadaan yang membuat stress atau menyesuaikan dengan efek stresnya. Salah satu faktor yang mempengaruhi stres akademik mahasiswa adalah self regulated learning. Self regulated learning adalah suatu proses pengaturan diri dan strategi yang melibatkan metakognisi, motivasional dan behavioral dalam mengoptimalkan proses pembelajaran (Zimmerman,1990). Penelitian ini bertujuan untuk mengukur seberapa erat hubungan antara self regulated learning dengan stres akademik pada mahasiswa bidikmisi Universitas Katolik Widya Mandala Surabaya. Metode yang dipakai adalah metode kuantitatif dengan Skala Stres Akademik dan Skala self regulated learning yang dikembangkan oleh peneliti sendiri. Mahasiswa bidikmisi yang menjadi responden dalam penelitian ini sebanyak 41 orang. Analisis data dilekukan dengan teknik non parametrik Kendall”s Tau-b menggunakan program statistik SPSS versi 16. Hasil analisis diperoleh rxy= 0,015 dengan p= 0,829 (p> 0,05) bahwa self regulated learning tidak mempunyai hubungan yang signifikan dengan stres akademik.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Department: S1 - Psikologi
Contributors:
ContributionContributorsNIDN / NIDKEmail
Thesis advisorSudagijono, Jaka SantosaNIDN711990386UNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Self regulated learning, stres akademik, mahasiswa
Subjects: Psychology
Divisions: Faculty of Psychology > Psychology Study Program
Depositing User: Veronika Patricia Halan
Date Deposited: 27 Apr 2020 15:32
Last Modified: 30 Apr 2020 03:09
URI: http://repository.wima.ac.id/id/eprint/20477

Actions (login required)

View Item View Item