Gambaran proses pembentukan self esteem dan faktor-faktornya pada remaja tuna netra yang tinggal di Panti Asuhan X Malang

Harefa, Kimberly Aprilia (2019) Gambaran proses pembentukan self esteem dan faktor-faktornya pada remaja tuna netra yang tinggal di Panti Asuhan X Malang. Undergraduate thesis, Widya Mandala Catholic University Surabaya.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (572kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 1)
BAB 1.pdf

Download (67kB) | Preview
[img] Text (BAB 2)
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (55kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3)
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (51kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4)
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (824kB) | Request a copy
[img]
Preview
Text (BAB 5)
BAB 5.pdf

Download (189kB) | Preview
[img] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Tuna netra adalah individu yang memiliki hambatan dalam penglihatan. Kondisi ini tentu akan menjadi hambatan bagi orang yang mengalaminya, khususnya remaja. Remaja mulai memiliki keinginan maupun harapan untuk masa depannya. Harapan tersebut bisa berupa menjadi seperti apa mereka, bagaimana penampilan mereka bisa terlihat sempurna sehingga bisa diterima di lingkungan sekitarnya, dan mulai memikirkan bagaimana menyeimbangkan antara keinginan dirinya sendiri dengan keinginan orang-orang di sekitar, terlebih ketika mereka tinggal di sebuah panti asuhan. Jika seorang remaja mengalami keterbatasan dalam penglihatan tentunya akan mempengaruhi self esteem mereka. Self esteem mengacu pada suatu penilaian individu mengenai kelayakan dirinya dan menunjukkan sejauh mana individu percaya dirinya mampu, signifikan, sukses, dan berharga. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran proses pembentukan self esteem dan faktor-faktornya pada remaja tuna netra yang tinggal di panti asuhan. Metode yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan fenomenologi. Ada 3 informan dalam penelitian ini dengan rentang usia 13-18 tahun yang mengalami keterbatasan dalam penglihatan (tuna netra) dan tinggal di panti asuhan. Hasil penelitian menunjukkan bagaimana gambaran proses pembentukan self esteem dari ketiga informan, dan juga faktor-faktornya pada remaja tuna netra. Proses pembentukan self esteem sendiri dapat dilihat dari latar belakang informan sendiri, bagaimana aktivitasnya, cara informan beradaptasi, dan mempengaruhi optimisme yang ada dalam dirinya. Faktor-faktornya dibagi menjadi 2, yaitu faktor pendukung dan penghambat.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Department: S1 - Psikologi
Contributors:
ContributionContributorsNIDN / NIDKEmail
Thesis advisorAdhyatma, Made Dharmawan RamaNIDN0724128705ramarama75@gmail.com
Uncontrolled Keywords: Self esteem, remaja, tuna netra, panti asuhan
Subjects: Psychology
Divisions: Faculty of Psychology > Psychology Study Program
Depositing User: Kimberly Aprilia Harefa
Date Deposited: 27 Apr 2020 15:18
Last Modified: 27 Apr 2020 15:18
URI: http://repository.wima.ac.id/id/eprint/20539

Actions (login required)

View Item View Item