Analisis isi pesan internet meme mengenai isu sosial kandidat Capres Jokowi dan Prabowo pada fan page facebook humor politik dan meme comic politik selama masa kampanye 23 september 2018 - 13 April 2019

Lantu, Christina Tatyana (2019) Analisis isi pesan internet meme mengenai isu sosial kandidat Capres Jokowi dan Prabowo pada fan page facebook humor politik dan meme comic politik selama masa kampanye 23 september 2018 - 13 April 2019. Undergraduate thesis, Widya Mandala Catholic University Surabaya.

[thumbnail of ABSTRAK]
Preview
Text (ABSTRAK)
abstrak.pdf

Download (744kB) | Preview
[thumbnail of BAB 1] Text (BAB 1)
BAB 1.docx

Download (924kB)
[thumbnail of BAB 2] Text (BAB 2)
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (312kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 3] Text (BAB 3)
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (186kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 4] Text (BAB 4)
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (641kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 5]
Preview
Text (BAB 5)
BAB 5.pdf

Download (68kB) | Preview
[thumbnail of LAMPIRAN] Text (LAMPIRAN)
lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Pemilihan Presiden di tahun 2019 ini memiliki dua pasang calon. Calon pertama adalah Jokowi - Maruf Amin, yang kedua adalah Prabowo - Sandiaga. Dengan berlangsungnya moment terbesar dan terpenting politik di tahun 2019, banyak sekali meme yang beredar dikalangan khalayak luas melalui media sosial. Meme tentang calon Presiden Jokowi dan Prabowo semakin bermunculan. Baik itu bertujuan untuk humor semata, hingga yang berbau negatif. Media sosial yang digunakan ialah Facebook, karena menurut survei yang diperoleh peneliti menjadi media sosial nomor satu yang digunakan khalayak luas. Dalam Facebook terdapat fanpage yang dipilih untuk diteliti yaitu Humor Politik dan Meme Comic Politik. Yang merupakan pendukung dari Capres Jokowi dan Prabowo. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah Laswell, internet meme, isu sosial, karakter pesan kampanye, media sosial, dan analisis isi. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah kuantitatif. Metode yang digunakan analisis isi. Total keseluruhan Meme dari fanpage Humor Politik dan Meme Comic Politik adalah 133 meme. Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini menunjukkan bahwa banyak Isu sosial SARA yang dibahas dalam fan page Humor Politik dan Meme Comic Politik. Serta banyak karakter pesan persuasi dalam fanpage Humor Politik, dan karakter pesan citra dalam fan page Meme Comic Politik.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Department: S1 - Ilmu Komunikasi
Contributors:
Contribution
Contributors
NIDN / NIDK
Email
Thesis advisor
Nugraheni, Yuli
NIDN0630077303
UNSPECIFIED
Thesis advisor
Hartiana, Theresia Intan Putri
NIDN0725058704
UNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Jokowi, Prabowo, Internet Meme, Isu Sosial, Fan page Humor Politik dan Meme Comic Politik
Subjects: Communication Science
Divisions: Faculty of Communication Science > Communication Science Study Program
Depositing User: Users 7606 not found.
Date Deposited: 15 Jan 2020 03:38
Last Modified: 06 Feb 2020 04:37
URI: http://repository.ukwms.ac.id/id/eprint/20572

Actions (login required)

View Item View Item