Pengembangan lembar kerja peserta didik menggunakan model pembelajaran Discovery Learning pada pokok bahasan kalor dan perubahan wujud untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik di SMA 17 Agustus Surabaya

Werlly, Kaliktus Wilfridus (2020) Pengembangan lembar kerja peserta didik menggunakan model pembelajaran Discovery Learning pada pokok bahasan kalor dan perubahan wujud untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik di SMA 17 Agustus Surabaya. Undergraduate thesis, Widya Mandala Catholic University Surabaya.

[thumbnail of ABSTRAK]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of BAB 1]
Preview
Text (BAB 1)
BAB 1.pdf

Download (264kB) | Preview
[thumbnail of BAB 2] Text (BAB 2)
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (649kB)
[thumbnail of BAB 3] Text (BAB 3)
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (733kB)
[thumbnail of BAB 4] Text (BAB 4)
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (633kB)
[thumbnail of BAB 5]
Preview
Text (BAB 5)
BAB 5.pdf

Download (153kB) | Preview
[thumbnail of LAMPIRAN] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (9MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan Lembar Kerja Peserta Didik dengan menggunakan model Discovery Learning untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik. Model pengembangan yang digunakan yaitu model 4-D (Define, Design, Develop, dan Disseminate). Perangkat pembelajaran yang dikembangkan meliputi Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD), dan Rencana Evaluasi (RE). Perangkat pembelajaran diujicobakan di kelas XI MIPA 3 SMA 17 Agustus Surabaya. Hasil validasi RPP memperoleh skor 3,58 dengan kategori “sangat valid”, LKPD memperoleh skor 3,39 dengan kategori “valid”, Rencana Evaluasi memperoleh skor 3,18 dengan kategori “valid”. Hasil keterlaksanaan RPP memperoleh skor 3,18 dengan kategori “baik”. Hasil belajar peserta didik mengalami peningkatan dengan rata-rata N-Gain Score 0,70 dengan kategori “sedang” dan persentase respon peserta didik adalah 83,42% dengan kategori “sangat positif”. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa lembar kerja peserta didik pokok bahasan kalor dan perubahan wujud dengan menggunakan model discovery learning dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik SMA 17 Agustus Surabaya.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Department: S1 - Pendidikan Fisika
Contributors:
Contribution
Contributors
NIDN / NIDK
Email
Thesis advisor
Untung, Budijanto
NIDN0716105401
Budijanto@ukwms.ac.id
Uncontrolled Keywords: Lembar Kerja Peserta Didik, Discovery Learning, Kalor dan Perubahan Wujud, Hasil Belajar.
Subjects: Physic Education
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Physics Education Study Program
Depositing User: Users 7709 not found.
Date Deposited: 30 Jan 2020 03:29
Last Modified: 30 Jan 2020 03:29
URI: http://repository.ukwms.ac.id/id/eprint/20672

Actions (login required)

View Item View Item