Dampak struktur modal pada hubungan asset quality, liquidity, protection pada profitabilitas credit union di jawa timur periode 2013 - 2017

Arta, Fersta Meify Prana (2019) Dampak struktur modal pada hubungan asset quality, liquidity, protection pada profitabilitas credit union di jawa timur periode 2013 - 2017. Undergraduate thesis, Widya Mandala Catholic University Surabaya.

[thumbnail of ABSTRAK]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of BAB 1]
Preview
Text (BAB 1)
BAB 1.pdf

Download (370kB) | Preview
[thumbnail of BAB 2] Text (BAB 2)
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (321kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 3] Text (BAB 3)
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (386kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 4] Text (BAB 4)
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (208kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 5]
Preview
Text (BAB 5)
BAB 5.pdf

Download (190kB) | Preview
[thumbnail of LAMPIRAN] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (271kB) | Request a copy

Abstract

Struktur Modal adalah salah satu ukuran keuntungan dengan membandingkan antara hutang jangka panjang, hutang jangka pendek serta modal sendiri dalam aktivitas operasional instansi. Secara tidak langsung didalam struktur modal kita dapat membandingkan antara modal asing dan modal sendiri. Modal asing atau yang sering kita disebut hutang adalah modal yang berawal dari pihak luar perusahaan yang memiliki sifat sementara. Penelitian ini menguji pengaruh rasio asset quality, liquidity, dan protection terhadap profitabilitas pada credit union di Jawa Timur. Pengujian dilakukan menggunakan rasio effective financial structure sebagai variabel moderasi. Sampel yang digunakan adalah laporan keuangan credit union yang berada di Jawa Timur periode 2013 – 2017 dengan jumlah sampel 67. Hasil menunjukkan bahwa rasio asset quality, liquidity tidak memiliki pengaruh terhadap profitabilitas credit union. Protection memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap profitabilitas. Selain itu didalam penelitian ini menemukan bahwa effective financial structure tidak memperkuat hubungan antara asset quality, liquidity terhadap profitabilitas. Tetapi di dalam penelitian ini menemukan adanya effective funancial structure yang memperkuat hubungan antara protection dan profitabilitas. Akibat langsung dari penelitian ini adalah kas dan dana cadangan yang tersedia di credit union merupakan faktor yang menentukan tingkat profitabilitas credit union, semakin banyak nominal kas dan dana cadangan yang tersedia maka credit union tersebut semakin mampu untuk memenuhi permintaan nasabah serta di sisi lain credit union dapat menjalankan kegiatan operasionalnya tanpa ada kendala.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Department: S1 - Manajemen
Contributors:
Contribution
Contributors
NIDN / NIDK
Email
Thesis advisor
Susilawati, Cicilia Erna
NIDN0327037303
erna-s@ukwms.ac.id
Uncontrolled Keywords: Rasio PEARLS, Credit Union, Profitabilitas.
Subjects: Business > Management
Divisions: Faculty of Business > Management Undergraduate Study Program
Depositing User: Fersta Meify Prana Arta
Date Deposited: 22 Jan 2020 08:17
Last Modified: 16 Apr 2020 20:27
URI: http://repository.ukwms.ac.id/id/eprint/20792

Actions (login required)

View Item View Item