Laporan Kerja Praktek PT. Untung Bersama Sejahtera 29 Juli - 24 September 2019

Pranyoto, Nugroho and Anggraeni, Erlina (2019) Laporan Kerja Praktek PT. Untung Bersama Sejahtera 29 Juli - 24 September 2019. Project Report (PKL, PKIPP, Magang D3, Praktik Kerja Profesi Apoteker, Profesi Guru, Profesi Ners dan Profesi Insiyur). Faculty of Engineering, Surabaya. (Unpublished)

[thumbnail of ABSTRAK]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK KP.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of BAB 1]
Preview
Text (BAB 1)
BAB I.pdf

Download (393kB) | Preview
[thumbnail of BAB 2] Text (BAB 2)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (628kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 3] Text (BAB 3)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (394kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 4] Text (BAB 4)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (442kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 5] Text (BAB 5)
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (247kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 6] Text (BAB 6)
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (390kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 7] Text (BAB 7)
BAB VII.pdf
Restricted to Registered users only

Download (432kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 8] Text (BAB 8)
BAB VIII.pdf
Restricted to Registered users only

Download (595kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 9]
Preview
Text (BAB 9)
BAB IX fix.pdf

Download (606kB) | Preview
[thumbnail of LAMPIRAN] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN fix.pdf
Restricted to Registered users only

Download (507kB) | Request a copy

Abstract

PT. Untung Bersama Sejahtera (UBS), Surabaya merupakan salah satu perusahaan perhiasan yang cukup besar di Indonesia. PT. UBS memproduksi perhiasan emas berupa kalung, gelang, cincin, dan anting-anting. Produk tersebut dihasilkan dengan bahan baku emas batangan 23k dan 24k yang diperoleh dari supplier dan konsumen. Produk yang dihasilkan oleh PT. UBS dikirimkan ke pasar lokal dan juga internasional. Salah satu departemen yang ada pada PT. UBS adalah departemen Finishing Central (FC) yang merupakan divisi yang bertugas melakukan pewarnaan perhiasan. Proses utama di departemen FC secara garis besar dibagi menjadi 3, yaitu proses SPH, SPW, dan HCU. Pada proses pewarnaan ini, perhiasan akan melalui beberapa tahap sebelum masuk ke proses utama. Proses-proses tersebut antara lain pengecekan di ADM awal dan QC awal, penataan perhiasan pada proses pengejigan, proses pencucian awal, serta proses degreasing. Pada proses utama SPH, perhiasan akan disepuh 1 warna dengan metode sel galvani. Warna perhiasan yang tersedia di proses sepuh yaitu warna kuning emas, putih, dan hitam. Sedangkan proses SPW adalah proses pewarnaan dengan warna lebihd ari 1. Proses ini ditujukan untuk perhiasan yang memerlukan proses pewarnaan yang lebih detail. Prosesnya pun dibagi menjadi 2, yaitu brush dan enamel. Brush sendiri memiliki sistem yang sama dengan SPH, yaitu dengan metode sel galvani, namun menggunakan alat berupa pen brush. Sedangkan enamel merupakan proses mewarnai perhiasan dengan menggunakan cat enamel. Proses HCU sendiri menggunakan sistem dasar yang sama dengan SPH, namun setelah dilakukan pproses sepuh 1 warna, perhiasan disepuh kembali dengan tembaga. Setelah proses pewarnaan selesai, perhiasan akan di-coating dan dioven, kemudian akan dicek di bagian QC akhir. Utilitas yang digunakan berupa penyediaan air dan listrik. Limbah dari PT. UBS, khususnya departemen FC akan di-recovery untuk mengambil emas yang terbuang. Selain itu, untuk limbah yang mengandung logam lainnya, PT. UBS memiliki departemen IPAL yang akan mengolah limbah produksi agar tidak berbahaya bagi lingkungan sekitar. Tugas khusus yang diberikan adalah pengolahan limbah padat rhodium (gogrokan) untuk dijadikan larutan rhodium sulfat yang dapat digunakan kembali. Pada percobaan ini, dilakukan 3 proses utama untuk mendapatkan larutan rhodium sulfat, yaitu pelarutan rhodium padat dalam HCl menjadi rhodium triklorida menggunakan proses elektrolisis, adsorpsi kandungan rhodium dalam rhodium triklorida dengan adsorben Al2O3, dan desorpsi rhodium dalam H2SO4 0,5 M sehingga menjadi larutan rhodium sulfat.

Item Type: Monograph (Project Report (PKL, PKIPP, Magang D3, Praktik Kerja Profesi Apoteker, Profesi Guru, Profesi Ners dan Profesi Insiyur))
Department: S1 - Teknik Kimia
Contributors:
Contribution
Contributors
NIDN / NIDK
Email
Thesis advisor
Sudaryanto, Yohanes
NIDN0730056201
UNSPECIFIED
Subjects: Engineering > Chemical Engineering
Divisions: Faculty of Engineering > Chemical Engineering Study Program
Depositing User: Erlina Anggraeni
Date Deposited: 23 Mar 2020 09:55
Last Modified: 23 Mar 2020 09:55
URI: http://repository.ukwms.ac.id/id/eprint/20813

Actions (login required)

View Item View Item