Pengaruh kinerja lingkungan dan pengungkapan lingkungan terhadap kinerja keuangan pada perusahaan sektor barang dan konsumsi di Bursa Efek Indonesia tahun 2013-2018

Thie, Eveline Elitha (2020) Pengaruh kinerja lingkungan dan pengungkapan lingkungan terhadap kinerja keuangan pada perusahaan sektor barang dan konsumsi di Bursa Efek Indonesia tahun 2013-2018. Undergraduate thesis, Widya Mandala Catholic University Surabaya.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 1)
BAB 1.pdf

Download (168kB) | Preview
[img] Text (BAB 2)
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (201kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3)
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (164kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4)
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (192kB) | Request a copy
[img]
Preview
Text (BAB 5)
BAB 5.pdf

Download (172kB) | Preview
[img] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (159kB) | Request a copy

Abstract

Perusahaan diharapkan tidak hanya mengutamakan laba saja dalam menjalankan usahanya, akan tetapi juga perlu memperhatikan lingkungan tempat perusahaan beroperasi. Sejalan dengan teori 3P (Profit, People, and Planet), yaitu bisnis bukan hanya mendapatkan laba (profit), namun memberikan kesejahteraan orang (people) serta menjamin kesinambungan kehidupan (planet). Dalam kenyataannya, perusahaan di Indonesia belum mampu menjaga lingkungan dengan baik, salah satunya yaitu perusahaan kurang mampu mengontrol limbah yang dihasilkan. Dampak lingkungan perusahaan dapat diukur dengan menganalisis kinerja lingkungan perusahaan. Kinerja lingkungan yang sudah dilaksanakan perusahaan perlu diinformasikan dalam bentuk pengungkapan lingkungan sehingga informasi ini dapat diketahui oleh pemangku kepentingan,dan dapat meningkatkan kinerja keuangan perusahaan. Oleh karena itu penelitian ini bertujuan untuk menguji dan menganalisis pengaruh kinerja lingkungan dan pengungkapan lingkungan terhadap kinerja keuangan. Desain penelitian adalah penelitian kuantitatif dengan pengujian hipotesis. Jenis data yang digunakan adalah data kuantitatif dan kualitatif berupa laporan tahunan perusahaan yang didapatkan dari situs Bursa Efek Indonesia (BEI) berupa data sekunder. Metode pengumpulan data berupa dokumentasi. Objek penelitian adalah perusahaan sektor barang dan konsumsi yang terdaftar di BEI tahun 2013-2018. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linear berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kinerja lingkungan berpengaruh positif terhadap kinerja keuangan pada perusahaan barang dan konsumsi yang terdaftar di BEI 2013-2018 karena ketika perusahaan yang memiliki kinerja lingkungan yang tinggi akan membuat masyarakat lebih senang menggunakan produk yang dihasilkan perusahaan tersebut, sehingga kinerja keuangan menjadi meningkat. Sementara itu pengungkapan lingkungan berpengaruh positif terhadap kinerja keuangan perusahaan barang dan konsumsi yang terdaftar di di BEI 2013-2018 karena ketika perusahaan mengungkapkan kinerja lingkungan yang telah dilakukan oleh perusahaan tersebut, masyarakat menjadi lebih percaya terhadap perusahaan dan membuat masyarakat memutuskan untuk menggunakan produk yang dihasilkan perusahaan tersebut, sehingga kinerja keuangan menjadi meningkat.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Department: S1 - Akuntansi
Contributors:
ContributionContributorsNIDN / NIDKEmail
Thesis advisorLindrawati, LindrawatiNIDN0726127301LINDRAWATI@UKWMS.AC.ID
Uncontrolled Keywords: Kinerja Keuangan, Kinerja Lingkungan, Pengungkapan Lingkungan
Subjects: Business > Accounting
Divisions: Faculty of Business > Accounting Undergraduate Study Program
Depositing User: Users 7774 not found.
Date Deposited: 23 Jan 2020 04:56
Last Modified: 23 Jan 2020 04:56
URI: http://repository.wima.ac.id/id/eprint/20843

Actions (login required)

View Item View Item