Analisis faktor-faktor yang mempengaruhi pengambilan keputusan lindung nilai pada perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2014-2018

Angelina, Chintya (2020) Analisis faktor-faktor yang mempengaruhi pengambilan keputusan lindung nilai pada perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2014-2018. Undergraduate thesis, Widya Mandala Catholic University Surabaya.

[thumbnail of ABSTRAK.pdf]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (583kB) | Preview
[thumbnail of BAB 1]
Preview
Text (BAB 1)
BAB 1.pdf

Download (44kB) | Preview
[thumbnail of BAB 2] Text (BAB 2)
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (127kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 3] Text (BAB 3)
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (93kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 4] Text (BAB 4)
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (198kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 5]
Preview
Text (BAB 5)
BAB 5.pdf

Download (114kB) | Preview
[thumbnail of LAMPIRAN] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (80kB) | Request a copy

Abstract

Kemajuan pesat pada bidang teknologi telah membawa perubahan signifikan pada berbagai aspek kehidupan manusia terutama dalam aspek ekonomi. Perkembangan ekonomi bisnis telah mendorong pertukaran barang dan jasa antar negara yang dikenal dengan istilah perdagangan internasional. Perusahaan multinasional dengan aktivitas perdagangan internasional yang kompleks akan dihadapkan pada risiko fluktuasi nilai tukar mata uang akibat adanya transaksi dengan negara lain. Perubahan tak terduga pada nilai mata uang asing dapat berdampak signifikan pada perusahaan, oleh karena itu perusahaan perlu menerapkan manajemen risiko yang salah satunya dapat dilakukan melalui lindung nilai derivatif. Tujuan penelitian ini adalah untuk menguji dan melakukan anlisis secara empiris masalah yang berkaitan dengan pengaruh tingkat hutang, likuiditas, kepemilikan institusi, dan peluang tumbuh terhadap pengambilan keputusan lindung nilai. Obyek penelitian menggunakan perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2014-2018 dengan sampel penelitian yang diperoleh menggunakan metode purposive sampling sebanyak 270 perusahaan sebagai objek penelitian. Jenis data adalah kuantitatif berupa laporan keuangan dan harga saham penutupan akhir tahun. Teknik analisis data menggunakan uji regresi logistik. Hasil penelitian membuktikan bahwa tingkat hutang dan likuiditas tidak berpengaruh terhadap keputusan lindung nilai, kepemilikan institusional cenderung berpengaruh negatif. Sedangkan, peluang tumbuh cenderung berpengaruh positif terhadap keputusan lindung nilai. Hal ini menjelaskan bahwa semakin besar peluang tumbuh perusahaan cenderung mempengaruhi keputusan lindung nilai.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Department: S1 - Akuntansi
Contributors:
Contribution
Contributors
NIDN / NIDK
Email
Thesis advisor
Sari, Dian Purnama
NIDN0730128502
dian-ps@ukwms.ac.id
Uncontrolled Keywords: Tingkat hutang, likuiditas, kepemilikan institusional, peluang tumbuh, lindung nilai
Subjects: Business > Accounting
Divisions: Faculty of Business > Accounting Undergraduate Study Program
Depositing User: Users 7920 not found.
Date Deposited: 24 Jan 2020 05:35
Last Modified: 24 Jan 2020 05:35
URI: http://repository.ukwms.ac.id/id/eprint/20881

Actions (login required)

View Item View Item