Dewi, Hany Refsa (2020) Analisis dan perancangan Prosedur Operasional Standar (POS) siklus pembelian dan persediaan pada UD. Della Jaya Mandiri. Undergraduate thesis, Widya Mandala Catholic University Surabaya.
Preview |
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf Download (1MB) | Preview |
Preview |
Text (BAB 1)
BAB 1.pdf Download (22kB) | Preview |
Text (BAB 2)
BAB 2.pdf Restricted to Registered users only Download (421kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3)
BAB 3.pdf Restricted to Registered users only Download (20kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4)
BAB 4.pdf Restricted to Registered users only Download (675kB) | Request a copy |
|
Preview |
Text (BAB 5)
BAB 5.pdf Download (207kB) | Preview |
Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (436kB) | Request a copy |
Abstract
Objek pada penelitian ini adalah UD. Della Jaya Mandiri yang merupakan Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) yang bergerak di bidang kuliner yaitu memproduksi makanan ringan carang mas. Sebagai UMKM yang terus berkembang, UD. Della Jaya Mandiri perlu memperbaiki sistem pembelian dan persediaan untuk mendukung kegiatan operasional pada UMKM. Adapun permasalahan yang terjadi di dalam objek penelitian adalah UD. Della Jaya Mandiri belum memiliki prosedur operasional standar (POS) pada sistem pembelian dan sistem persediaan sehingga UMKM tidak dapat menjaga konsistensi kerja dalam kegiatan operasional karena tidak terdapat pedoman yang dibakukan. Kemudian UMKM tidak memiliki kartu stok untuk mencatat jumlah persediaan dan penggunaan bahan baku sehingga UMKM tidak mengetahui infomasi mengenai persediaan serta bahan baku dan bahan baku penolong yang telah digunakan. Masalah terakhir adalah UMKM tidak melakukan pencatatan pada saat pengeluaran kas sehingga UMKM tidak mengetahui informasi mengenai biaya pengeluaran. Sehingga tujuan penelitian ini adalah melakukan perbaikan dan memberi solusi terhadap permasalahan yang terjadi dalam UMKM untuk meningkatkan efektivitas dan efisiensi UMKM. Dalam penelitian ini, jenis data yang digunakan adalah data kualititatif dan analisis data dibagi menjadi dua tahap yaitu: menganalisis aktivitas pengendalian dan kebutuhan POS dan dokumen terkait siklus pembelian dan persediaan. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa dengan dirancanganya POS, maka UMKM akan memiliki pedoman dalam menjalankan kegiatan bisnisnya dan dengan adanya perancangan dokumen yang baru dapat membantu pemilik dalam melakukan penghitungan pengeluaran kas dan informasi persediaan bahan baku.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Department: | S1 - Akuntansi |
Contributors: | Contribution Contributors NIDN / NIDK Email Thesis advisor Wehartaty, Tineke NIDN0714047401 tineke@ukwms.ac.id |
Uncontrolled Keywords: | Sistem Informasi Akuntansi, Sistem Pembelian, Sistem Persediaan, Prosedur Operasional Standar (POS). |
Subjects: | Business > Accounting |
Divisions: | Faculty of Business > Accounting Undergraduate Study Program |
Depositing User: | Users 7953 not found. |
Date Deposited: | 24 Jan 2020 10:09 |
Last Modified: | 24 Jan 2020 10:09 |
URI: | http://repository.ukwms.ac.id/id/eprint/20924 |
Actions (login required)
View Item |