Pengaruh Profitabilitas dan Konsentrasi Kepemilikan terhadap Nilai Perusahaan dengan Kebijakan Struktur Modal sebagai Variabel Intervening pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di BEI Periode 2014-2018

Caroline, Anita (2020) Pengaruh Profitabilitas dan Konsentrasi Kepemilikan terhadap Nilai Perusahaan dengan Kebijakan Struktur Modal sebagai Variabel Intervening pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di BEI Periode 2014-2018. Undergraduate thesis, Widya Mandala Catholic University Surabaya.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 1)
BAB 1.pdf

Download (205kB) | Preview
[img] Text (BAB 2)
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (357kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3)
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (468kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4)
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (601kB) | Request a copy
[img]
Preview
Text (BAB 5)
BAB 5.pdf

Download (419kB) | Preview
[img] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (389kB) | Request a copy

Abstract

Nilai perusahaan menjadi salah satu faktor yang diperhatikan oleh investor pada proses investasi. Perusahaan yang baik akan menjaga dan meningkatkan nilai perusahaan. Hutang dapat menjadi alat pada saat perusahaan ingin meningkatkan nilai perusahaannya. Di satu sisi, hutang akan memberikan manfaat penghematan pajak dan di sisi lain, hutang membawa risiko kebangkrutan. Perusahaan harus memilih kebijakan struktur modal yang baik agar tidak menimbulkan risiko terlalu besar yang dapat membuat nilai perusahaan menjadi buruk. Penelitian ini berbentuk penelitian kuantitatif dan bertujuan untuk mengetahui hubungan antara profitabilitas dan konsentrasi kepemilikan terhadap nilai perusahaan dengan kebijakan struktur modal sebagai variabel intervening. Perusahaan manufaktur yang sudah terdaftar di Bursa Efek Indonesia dari tahun 2014 sampai 2018 merupakan objek dalam penelitian ini. Sampel yang digunakan adalah sebanyak 109 perusahaan manufaktur dengan menggunakan teknik purposive sampling. Sumber data untuk mendukung penelitian ini diperoleh dari laporan keuangan dan tahunan perusahaan. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis regresi panel. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa profitabilitas berpengaruh negatif signifikan terhadap kebijakan struktur modal dan hasil ini mendukung teori pecking order. Konsentrasi kepemilikan memiliki pengaruh positif signifikan terhadap kebijakan struktur modal. Kebijakan struktur modal berpengaruh positif signifikan terhadap nilai perusahaan. Hasil terakhir menunjukkan bahwa kebijakan struktur modal tidak dapat menjadi variabel intervening yang dapat menjelaskan hubungan profitabilitas dan konsentrasi kepemilikan terhadap nilai perusahaan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Department: S1 - Manajemen
Contributors:
ContributionContributorsNIDN / NIDKEmail
Thesis advisorSunarjanto, Nekhasius AgusNIDN0014126703sunarjanto@ukwms.ac.id
Thesis advisorGunawan, Erick TeofilusUNSPECIFIEDerick@ukwms.ac.id
Uncontrolled Keywords: profitabilitas, konsentrasi kepemilikan, kebijakan struktur modal, nilai perusahaan
Subjects: Business > Financial Management
Business > Management
Divisions: Faculty of Business > Management Undergraduate Study Program
Depositing User: Anita Caroline
Date Deposited: 27 Jan 2020 06:49
Last Modified: 27 Jan 2020 06:49
URI: http://repository.wima.ac.id/id/eprint/21044

Actions (login required)

View Item View Item