Analisis keterbacaan laporan tahunan terhadap biaya keagenan pada perusahaan jasa non-keuangan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia

Pritha, Hanasy (2020) Analisis keterbacaan laporan tahunan terhadap biaya keagenan pada perusahaan jasa non-keuangan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Undergraduate thesis, Widya Mandala Catholic University Surabaya.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (774kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 1)
BAB 1.pdf

Download (310kB) | Preview
[img] Text (BAB 2)
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (333kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3)
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (424kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4)
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (328kB) | Request a copy
[img]
Preview
Text (BAB 5)
BAB 5.pdf

Download (307kB) | Preview
[img] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (140kB) | Request a copy

Abstract

Investor akan menerapkan cara-cara tertentu agar perusahaan yang dimiliki mampu memaksimalkan nilai dan kemampuan dalam menciptakan laba. Salah satunya adalah dengan menyerahkan pengelolaan kepada pihak yang dianggap kompeten. Cara ini menimbulkan adanya hubungan keagenan di antara investor dan manajemen. Di sisi lain, manusia pada dasarnya ingin memaksimalkan keuntungannya masing-masing sehingga muncul konflik kepentingan di antara investor dan manajemen. Maka dari itu, investor perlu mengawasi manajemen. Pengawasan investor terhadap manajemen terkendala oleh asimetri informasi, sehingga investor menuntut manajemen untuk memberikan informasi melalui laporan tahunan. Laporan tahunan harus memiliki keterbacaan yang tinggi sehingga asimetri informasi dapat dikurangi dan pengawasan atas manajemen dapat ditingkatkan oleh investor. Pengawasan yang tinggi mencegah manajemen untuk melakukan shirking dan membuat keputusan-keputusan yang merugikan investor, dimana tindakan-tindakan tersebut menciptakan biaya keagenan. Oleh karena itu, tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis keterbacaan laporan tahunan terhadap biaya keagenan. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan hipotesis. Data yang digunakan adalah data kualitatif dan kuantitatif, berupa laporan tahunan. Sumber data diperoleh dari situs Bursa Efek Indonesia berupa data sekunder. Objek penelitian adalah perusahaan jasa non-keuangan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia tahun 2017-2018. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis regresi linear. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perusahaan dengan keterbacaan laporan tahunan yang lebih tinggi terbukti memiliki biaya keagenan yang lebih rendah. Hal ini dikarenakan keterbacaan laporan tahunan yang tinggi meningkatkan pemahaman investor atas perusahaan, mengurangi asimetri informasi di antara investor dan manajemen sehingga mengurangi biaya keagenan di antara keduanya.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Department: S1 - Akuntansi
Contributors:
ContributionContributorsNIDN / NIDKEmail
Thesis advisorLindrawati, .NIDN0726127301lindrawati@ukwms.ac.id
Uncontrolled Keywords: Keterbacaan laporan tahunan, biaya keagenan, laporan tahunan
Subjects: Business > Accounting
Divisions: Faculty of Business > Accounting Undergraduate Study Program
Depositing User: Users 7914 not found.
Date Deposited: 27 Jan 2020 07:25
Last Modified: 27 Jan 2020 07:25
URI: http://repository.wima.ac.id/id/eprint/21069

Actions (login required)

View Item View Item