Pengaruh kinerja lingkungan, pengungkapan lingkungan, dan biaya lingkungan terhadap kinerja keuangan pada perusahaan non keuangan di Bursa Efek Indonesia periode 2014-2018

Lomanto, Tiffany Wijaya (2019) Pengaruh kinerja lingkungan, pengungkapan lingkungan, dan biaya lingkungan terhadap kinerja keuangan pada perusahaan non keuangan di Bursa Efek Indonesia periode 2014-2018. Undergraduate thesis, Widya Mandala Catholic University Surabaya.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (674kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 1)
BAB 1.pdf

Download (215kB) | Preview
[img] Text (BAB 2)
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (410kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3)
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (326kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4)
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (371kB) | Request a copy
[img]
Preview
Text (BAB 5)
BAB 5.pdf

Download (322kB) | Preview
[img] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (311kB) | Request a copy

Abstract

Kegiatan yang ada didalam perusahaan pasti berhubungan erat dengan berbagai risiko, salah satunya adalah kerusakan lingkungan. Untuk menghindari dan mengatasi hal tersebut maka perusahaan meningkatkan kinerja lingkungannya dengan cara malakukan segala upaya dengan maksimal untuk mencegah kerusakan lingkungan terjadi dan mengatasi kerusakan lingkungan akibat kegiatan perusahaan. Upaya perusahaan untuk meningkatkan kinerja lingkungannya dapat diungkapkan dalam laporan tahunannya dengan sebaik mungkin, itu pengungkapan lingkungan. Tidak hanya itu, upaya-upaya tersebut pasti akan menimbulkan biaya llingkungan, dimana perusahaan harus mengelola biaya tersebut sebaik mungkin agar tidak berdampak buruk pada kinerja keuangan perusahaan. Namun dengan upaya yang dilakukan perusahaaan untuk meningkatkan kinerja lingkungannya, mampu menarik perhatian masyarakat dan investor sehingga dapat meningkatkan kepercayaan kepada perusahaan. Masyarakat yang tertarik akan menggunakan produk dari perusahaan dan investor akan menamkan modal didalam perusahaan sehingga akan berdampak baik pada kinerja keuangan perusahaan. Oleh karena itu, tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana pengaruh kinerja lingkungan, pengungkapan lingkungan, dan biaya lingkungan terhadap kinerja keuangan pada perusahaan non keuangan di Bursa Efek Indonesia periode 2014-2018. Sampel yang digunakan dipilih dengan berbagai kriteria dengan menggunakan teknik purposive sampling dan kriterianya adalah perusahaan non keuangan dalam BEI, mempublikasikan laporan tahunan dan keuangan, mendapat peringkat PROPER, melakukan pengungkapan lingkungan dalam laporan tahunan, dan mempublikasikan biaya lingkungan dalam laporan tahunan selama periode 2014-2018. Desain penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah secara kuantitatif dengan menggunakan hipotesis. Penelitian ini menggunakan SPSS versi 23 dengan pengumpulan data secara dokumentasi dengan data sekunder yaitu peringkat PROPER, laporan tahunan dan laporan keuangan. Hasil penelitian ini adalah kinerja lingkungan tidak berpengaruh terhadap kinerja keuangan, pengungkapan lingkungan tidak berpengaruh terhadap kinerja keuangan, dan biaya lingkungan berpengaruh positif terhadap kinerja keuangan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Department: S1 - Akuntansi
Contributors:
ContributionContributorsNIDN / NIDKEmail
Thesis advisorBudianto T., J.ThNIDN0716036101UNSPECIFIED
Thesis advisorLudji, Theodorus RadjaNIDN0705039101theodorusradja@ukwms.ac.id
Uncontrolled Keywords: Kinerja lingkungan, pengungkapan lingkungan, biaya lingkungan, kinerja keuangan
Subjects: Business > Accounting
Divisions: Faculty of Business > Accounting Undergraduate Study Program
Depositing User: TIFFANY WIJAYA LOMANTO
Date Deposited: 27 Jan 2020 10:50
Last Modified: 06 Feb 2020 09:28
URI: http://repository.wima.ac.id/id/eprint/21104

Actions (login required)

View Item View Item