Pengaruh senior executive's age, woman on board, dan struktur kepemilikan terhadap biaya keagenan pada perusahaan manufaktur di bursa efek indonesia selama periode 2016-2018

Santoso, Gabriela (2020) Pengaruh senior executive's age, woman on board, dan struktur kepemilikan terhadap biaya keagenan pada perusahaan manufaktur di bursa efek indonesia selama periode 2016-2018. Undergraduate thesis, Widya Mandala Catholic University Surabaya.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (646kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 1)
BAB 1.pdf

Download (226kB) | Preview
[img] Text (BAB 2)
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (469kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3)
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (276kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4)
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (294kB) | Request a copy
[img]
Preview
Text (BAB 5)
BAB 5.pdf

Download (248kB) | Preview
[img] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (201kB) | Request a copy

Abstract

Dalam era globalisasi saat ini, membuat setiap perusahaan akan berusaha untuk memenangkan persaingan pasar. Kondisi ini membuat persaingan pasar semakin ketat dan tidak dapat diprediksi, yang kemudian membuat pemilik perusahaan menugaskan pihak manajemen perusahaan agar bekerja lebih keras agar dapat mengalahkan para pesaingnya. Dengan begitu, secara tidak langsung pihak manajemen memiliki pengetahuan lebih baik mengenai kondisi perusahaan tersebut apabila dibandingkan dengan pemilik. Oleh karena itu, prinsipal harus memiliki kemampuan agar dapat mengendalikan agen yang dapat ditempuh dengan biaya keagenan. Penelitian ini bertujuan untuk menguji dan menganalisis pengaruh senior executive’s age, woman on board, dan struktur kepemilikan terhadap biaya keagenan dengan struktur modal sebagai variabel kontrol. Senior executive’s age dapat diukur menggunakan usia direktur utama. Woman on board diukur dengan membandingkan jumlah eksekutif wanita dalam manajemen tingkat atas dengan jumlah eksekutif dalam manajemen tingkat atas. Struktur kepemilikan memiliki empat komponen yaitu kepemilikan manajerial, kepemilikan institusional, kepemilikan asing, dan kepemilikan keluarga dimana diproksikan dengan membandingkan jumlah kepemilikan dengan total saham yang beredar. Struktur modal diukur dengan long term debt ratio. Objek penelitian yang digunakan yaitu perusahaan manufaktur yang terdaftar pada Bursa Efek Indonesia (BEI) selama periode 2016-2018. Pemilihan sampel yang digunakan adalah teknik purposive sampling dengan teknik analisis data regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hanya woman on board berpengaruh negatif dan signifikan terhadap biaya keagenan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Department: S1 - Akuntansi
Contributors:
ContributionContributorsNIDN / NIDKEmail
Thesis advisorHandoko, Teng JesicaNIDN0723037704smallbink@ukwms
Uncontrolled Keywords: Senior executive’s age, woman on board, struktur kepemilikan, kepemilikan manajerial, kepemilikan institusional, kepemilikan asing, kepemilikan keluarga, biaya keagenan, struktur modal.
Subjects: Business > Accounting
Business
Divisions: Faculty of Business > Accounting Undergraduate Study Program
Depositing User: Users 7959 not found.
Date Deposited: 28 Jan 2020 02:54
Last Modified: 28 Jan 2020 02:54
URI: http://repository.wima.ac.id/id/eprint/21125

Actions (login required)

View Item View Item