Analisis Faktor Faktor yang mempengaruhi Pengungkapan Emisi Karbon pada Perusahaan Manufaktur Di Bursa Efek Indonesia tahun 2016-2018

Tandean, Eva Marcella (2019) Analisis Faktor Faktor yang mempengaruhi Pengungkapan Emisi Karbon pada Perusahaan Manufaktur Di Bursa Efek Indonesia tahun 2016-2018. Undergraduate thesis, Widya Mandala Catholic University Surabaya.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (904kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 1)
BAB 1.pdf

Download (325kB) | Preview
[img] Text (BAB 2)
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (435kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3)
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (325kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4)
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (306kB) | Request a copy
[img]
Preview
Text (BAB 5)
BAB 5.pdf

Download (189kB) | Preview
[img] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (242kB) | Request a copy

Abstract

Revolusi industri menyebabkan berbagai dampak, salah satunya adalah semakin tingginya pencemaran lingkungan terkhusus tingkat emisi karbon dioksida. Kondisi ini salah satunya disebabkan aktivitas industri yang dijalankan oleh pelaku ekonomi yaitu perusahaan. Oleh karena itu, perusahaan perlu memperhatikan kepentingan stakeholdernya dengan melakukan tanggung jawab sosial kepada masyarakat dan tidak hanya mementingkan upaya perolehan laba setinggi-tingginya. Sesuai dengan teori stakeholder yang menyatakan bahwa informasi perusahaan yang diperhatikan tidak hanya berfokus pada kinerja keuangan, melainkan seluruh aktivitas lain terkait kelangsungan hidup perusahaan, maka dari itu laporan tahunan dianggap sangat penting bagi perusahaan dalam menyampaikan informasi untuk stakeholdernya. Pengungkapan emisi karbon penting dilakukan untuk memenuhi kebutuhan informasi stakeholder perusahaan. Penelitian ini bertujuan menguji dan menganalisis pengaruh kinerja lingkungan, profitabilitas, media exposure, dan kepemilikan institusional, tipe industri, leverage, dan ukuran perusahaan terhadap pengungkapan emisi karbon. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan pengujian hipotesis. Jenis data yang digunakan adalah data kuantitatif dan kualitatif berupa laporan tahunan. Objek penelitian adalah perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) periode 2016-2018. Metode pengumpulan adalah dokumentasi. Teknis analisis data menggunakan regresi linear berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kinerja lingkungan, profitabilitas, tipe industri, dan ukuran perusahaan berpengaruh positif terhadap pengungkapan emisi karbon. Hal ini berarti apabila kinerja lingkungan, profitabilitas, tipe industri, dan ukuran perusahaan semakin baik maka mendorong perusahaan untuk melakukan pengungkapan emisi karbon. Media exposure, kepemilikan institusional, leverage, dan kualitas audit tidak berpengaruh terhadap pengungkapan emisi karbon, hal ini dapat terjadi karena pengungkapan emisi karbon merupakan salah satu dari kebijakan perusahaan yang tidak dipengaruhi oleh media exposure, tingkat kepemilikan institusional, leverage, dan kualitas audit.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Department: S1 - Akuntansi
Contributors:
ContributionContributorsNIDN / NIDKEmail
Thesis advisorLindrawati, Lindrawati0726127301lindrawati@ukwms.ac.id
Uncontrolled Keywords: ​Pengungkapan emisi karbon, kinerja lingkungan, profitabilitas, media exposure, kepemilikan institusional, tipe industri, leverage, ukuran perusahaan, dan kualitas audit.
Subjects: Business > Accounting
Business
Divisions: Faculty of Business > PSDKU - Accounting Undergraduate Study Program
Depositing User: Users 7848 not found.
Date Deposited: 18 Feb 2020 04:34
Last Modified: 18 Feb 2020 04:34
URI: http://repository.wima.ac.id/id/eprint/21196

Actions (login required)

View Item View Item