Pengaruh asimetri informasi dan manajemen laba terhadap biaya utang dan biaya ekuitas pada perusahaan manufaktur yang terdaftar di BEI periode 2016-2018

Hanawijaya, Marcellino Reza (2020) Pengaruh asimetri informasi dan manajemen laba terhadap biaya utang dan biaya ekuitas pada perusahaan manufaktur yang terdaftar di BEI periode 2016-2018. Undergraduate thesis, Widya Mandala Catholic University Surabaya.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 1)
BAB 1.pdf

Download (108kB) | Preview
[img] Text (BAB 2)
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (157kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3)
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (312kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4)
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (145kB) | Request a copy
[img]
Preview
Text (BAB 5)
BAB 5.pdf

Download (132kB) | Preview
[img] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (513kB) | Request a copy

Abstract

Perusahaan memperoleh modalnya melalui dua sumber yaitu utang dan ekuitas. Perusahaan memperlukan pengorbanan dalam memperoleh modal yang dibutuhkannya yang disebut biaya utang dan biaya ekuitas. Besarnya biaya utang dan biaya ekuitas dipengaruhi oleh tingkat harapan investor. Semakin besar risiko yang ada dalam perusahaan maka semakin besar pula tingkat harapan pengembalian investor. Adanya asimetri informasi dan manajemen laba akan mempengaruhi besarnya biaya utang dan biaya ekuitas. Hal ini karena dalam teori keagenan adanya perbedaan kepentingan dimana investor (principle) mengharapkan agar investasinya memperoleh pengembalian yang memuaskan dari perusahaan, sedangkan manajemen (agent) yang mengharapkan memperoleh imbalan atas usahanya. sehingga terkadang manajemen tidak jujur dengan tidak mengungkapkan infromasi yang sebenarnya terjadi di lapangan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh asimetri informasi dan manajemen laba terhadap biaya utang dan pnegaruh asimetri informasi dan manajemen laba terhadap biaya ekuitas pada perusahaan manufaktur yang terdaftar di BEI periode 2016-2018. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan melakukan pengujian hipotesis. Penelitian ini menggunakan jenis data sekunder. Objek penelitian ini adalah perusahaan manufaktur yang terdaftar di BEI periode 2016-2018. Metode pengumpulan data menggunakan metode dokumentasi. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis regresi linear berganda. Hasil penelitian ini menyatakan bahwa asimetri informasi dan manajemen laba tidak berpengaruh terhadap biaya utang dan biaya ekuitas.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Department: S1 - Akuntansi
Contributors:
ContributionContributorsNIDN / NIDKEmail
Thesis advisorSari, Dian PurnamaNIDN0730128502dian-ps@ukwms.ac.id
Uncontrolled Keywords: Asimetri informasi, manajemen laba, biaya utang, biaya ekuitas
Subjects: Business > Accounting
Divisions: Faculty of Business > Accounting Undergraduate Study Program
Depositing User: Users 8065 not found.
Date Deposited: 29 Jan 2020 01:40
Last Modified: 29 Jan 2020 01:40
URI: http://repository.wima.ac.id/id/eprint/21243

Actions (login required)

View Item View Item