Analisis dan perancangan Prosedur Operasi Standar (POS) atas siklus pembelian PT.Liono Artha Persada

Tjia, Steffi Gratia (2019) Analisis dan perancangan Prosedur Operasi Standar (POS) atas siklus pembelian PT.Liono Artha Persada. Undergraduate thesis, Widya Mandala Catholic University Surabaya.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (350kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 1)
BAB 1.pdf

Download (32kB) | Preview
[img] Text (BAB 2)
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (105kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3)
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (21kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4)
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (387kB) | Request a copy
[img]
Preview
Text (BAB 5)
BAB 5.pdf

Download (23kB) | Preview
[img] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (239kB) | Request a copy

Abstract

Objek pada penelitian ini adalah PT. Liono Artha Persada yang merupakan perusahaan yang bergerak dibidang produksi kompos gas dan kipas angin. PT Liono Artha Persada belum memiliki prosedur operasional standar (POS) untuk mendukung aktivitas bisnis perusahaan. Adapun permasalahan yang terjadi dalam perusahaan, antara lain belum memiliki prosedur operasional standar (POS), sehingga perusahaan tidak mempunyai pengendalian internal dalam aktivitas bisnis karena tidak mempunyai pedoman yang dibakukan. Kemudian perusahaan tidak mempunyai form permintaan pembelian sehingga dapat menyebabkan terjadinya kesalahan pada saat membuat form Purchasing Order. perusahaan juga tidak mempunyai dokumen laporan penerimaan barang, sehingga dapat menyebabkan ketidaksesuaian antaratagihan dengan barang yang diterima. Dokumen juga belum memadai, dimana pada form Purchasing Order tidak terdapat nomor urut secara tercetak yang menyebabkan perusahaan akan kesulitan dalam melakukan pengarsipan dan penelusuran sedangkan tidak adanya kolom harga menyebabkan kesalahan dalam melakukan pembayaran karena kesepakatan harga dilakukan secara lisan. Masalah terakhir dalam perusahaan adalah adanya perangkapan tugas yang dilakukan oleh bagian yang sama, sehingga dapat menyebabkan kehilangan bahan baku. Sehingga tujuan penelitian ini adalah melakukan perbaikan dan memberi solusi terhadap permasalahan yang terjadi untuk meningkatkan aktivitas bisnis agar dapat berjalan sesuai standart supaya kinerja yang dihasilkan meningkat. Dalam penelitian ini, jenis data yang digunakan adalah data kualitatif dan teknik analisis data dibagi menjadi dua tahapan yaitu: menganalisis aktivitas pengendalian dan kebutuhan POS dan dokumen terkait siklus pembelian. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa dengan adanya perancangan POS, maka perusahaan akan memiliki pedoman dalam menjalankan aktivitas bisnisnya dan dengan adanya dokumen yang baru diharapkan dapat membantu perusahaan dalam melakukan pengendalian terhadap dokumen.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Department: S1 - Akuntansi
Contributors:
ContributionContributorsNIDN / NIDKEmail
Thesis advisorWehartaty, TinekeNIDN0714047401tineke@ukwms.ac.id
Uncontrolled Keywords: Sistem Informasi Akuntansi, Siklus Pembelian, Pengendalian Internal, Prosedur Operasional Standar (POS).
Subjects: Business > Accounting
Divisions: Faculty of Business > Accounting Undergraduate Study Program
Depositing User: Users 8020 not found.
Date Deposited: 29 Jan 2020 05:23
Last Modified: 06 Feb 2020 10:44
URI: http://repository.wima.ac.id/id/eprint/21245

Actions (login required)

View Item View Item