Pengaruh penerapan good corporate governance dan corporate cocial responsibility terhadap kinerja perusahaan yang terdaftar di BEI

Angriawan, Gerry (2020) Pengaruh penerapan good corporate governance dan corporate cocial responsibility terhadap kinerja perusahaan yang terdaftar di BEI. Undergraduate thesis, Widya Mandala Catholic University Surabaya.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (917kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 1)
BAB 1.pdf

Download (116kB) | Preview
[img] Text (BAB 2)
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (179kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3)
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (187kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4)
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (176kB) | Request a copy
[img]
Preview
Text (BAB 5)
BAB 5.pdf

Download (138kB) | Preview
[img] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (243kB) | Request a copy

Abstract

Dalam proses menjalankan suatu usaha diperlukan suatu mekanisme penyeimbang antara tujuan individu dengan tujuan kelompok. Mekanisme tersebut bertujuan untuk membuat suatu perusahaan berjalan sesuai dengan tujuan yang ingin dicapainya. Perusahaan yang baik adalah perusahaan yang dapat mencapai tujuan tersebut dengan efektif dan efisien. Oleh karena itu diperlukannya suatu mekanisme penyeimbang yang sering disebut dengan tata kelola korporat. Selain itu juga, dalam proses menjalankan suatu bisnis tak jarang jika perusahaan tersebut secara langsung atauoun tidak langsung akan menggunakan sumber daya yang ada disekitar mereka. Oleh karena itu, setiap perusahaan yang menggunakan sumber daya yang ada disekitarnya wajib untuk melakukan tindakan tanggung jawab sosial bagi lingkungan sekitarnya. Tanggung jawab sosial yang dilakukan perusahaan ini adalah bentuk tindakan nyata yang dilakukan perusahaan untuk menyisihkan sedikit kekayaan yang dimiliki perusahaan untuk kepentingan para pemangku kepentingannya. Jika perusahaan tersebut melakukan tanggung jawab sosialnya secara baik, secara tidak langsung akan menarik simpati masyarakat untuk bersikap loyal terhadap perusahaan tersebut. Serta keuntungan lainnya adalah secara tidak langsung pula, perusahaan dapat mencari keuntungan dari kegiatan sosial tersebut. Desain penelitian yang digunakan berupa penelitian kuantitatif dengan pengujian hipotesis. Jenis data yang digunakan adalah data kuantitatif berupa laporan keuangan serta laporan pengungkapan Corporate Social Responsibility (CSR), skor Corporate Governance Perception Index (CGPI). objek penelitian adalah perusahaan keuangan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) periode 2012-2017. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan cara dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Corporate Governance tidak berpengaruh terhadap kinerja perusahaan yang diukur berdasarkan ROA. Corporate Social Responsibility berpengaruh positif terhadap kinerja perusahaan yang diukur berdasarkan ROA.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Department: S1 - Akuntansi
Contributors:
ContributionContributorsNIDN / NIDKEmail
Thesis advisorHariyanto, SimonNIDN8810001019UNSPECIFIED
Thesis advisorSurjaatmaja, LukasNIDN0719109301UNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Good corporate governance, corporate social responsibility, kinerja perusahaan
Subjects: Business > Accounting
Divisions: Faculty of Business > Accounting Undergraduate Study Program
Depositing User: Users 8032 not found.
Date Deposited: 31 Jan 2020 01:26
Last Modified: 31 Jan 2020 01:26
URI: http://repository.wima.ac.id/id/eprint/21263

Actions (login required)

View Item View Item