Pengaruh intensitas modal, leverage, dan ukuran perusahaan terhadap agresivitas pajak pada perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia

Vireira, Sepbrilla Wiga (2019) Pengaruh intensitas modal, leverage, dan ukuran perusahaan terhadap agresivitas pajak pada perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Undergraduate thesis, Widya Mandala Catholic University Surabaya.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 1)
BAB 1.pdf

Download (206kB) | Preview
[img] Text (BAB 2)
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (368kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3)
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (359kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4)
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (249kB) | Request a copy
[img]
Preview
Text (BAB 5)
BAB 5 dan Daftar Pustaka.pdf

Download (101kB) | Preview
[img] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (302kB) | Request a copy

Abstract

Pajak merupakan paling penting dalam sumber pendapatan negara, hal ini dikarenakan pajak merupakan pendapatan yang berasal dari iuran wajib bagi rakyat. Faktor-faktor yang mempengaruhi tingkat agresivitas pajak antara lain yaitu intensitas modal, leverage, dan ukuran perusahaan. Oleh karena itu penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh intensitas modal, leverage, dan ukuran perusahaan terhadap agresivitas pajak. Desain penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif dengan pengujian hipotesis. Jenis data adalah kuantitatif. Sumber data adalah data sekunder yang berupa laporan tahunan perusahaan manufaktur yang terdaftar di BEI tahun 2016-2018. Metode penelitian adalah dokumentasi. Teknik penyampelan adalah teknik purposive sampling. Teknik analisis data yaitu analisis regresi linear berganda. Hasi penelitian ini yaitu intensitas modal berpengaruh positif terhadap agresifitas pajak pada perusahaan manufaktur karena intensitas modal yang tinggi membuat depresiasi aset tetap meningkat dan menyebabkan laba perusahaan menurun, sehingga pajak yang terhutang juga semakin menurun serta menyebabkan perusahaan melakukan agresivitas pajak. Sementara itu leverage berpengaruh positif terhadap agresivitas pajak manufaktur karena jika perusahaan memiliki leverage yang tinggi, maka perusahaan tersebut sangat bergantung pada pinjaman atau hutang, sehingga perusahaan tersebut dapat mengurangi pajak yang dibayarkan dengan melakukan agresivitas pajak. Sedangkan ukuran perusahaan berpengaruh negatif terhadap agresivitas pajak perusahaan manufaktur, karena jika perusahaan memiliki ukuran yang besar, maka semakin besar pula kebutuhan perusahaan untuk memperoleh tambahan dana yang berasal dari utang, sehingga beban pajak akan mengecil.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Department: S1 - Akuntansi
Contributors:
ContributionContributorsNIDN / NIDKEmail
Thesis advisorRahardjo, HartonoNIDN8885560018UNSPECIFIED
Thesis advisorHartanto, SusannaNIDN0731058104UNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Intensitas Modal, Leverage, Ukuran Perusahaan, Agresivitas Pajak
Subjects: Business > Accounting
Divisions: Faculty of Business > Accounting Undergraduate Study Program
Depositing User: Users 7909 not found.
Date Deposited: 28 Jan 2020 07:05
Last Modified: 06 Feb 2020 10:47
URI: http://repository.wima.ac.id/id/eprint/21266

Actions (login required)

View Item View Item