Pengembangan media pembelajaran fisika ludo in physics untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik SMA 17 Agustus 1945 Surabaya pada pokok bahasan usaha dan energi

Kopong, Adeodatus Yohanes (2019) Pengembangan media pembelajaran fisika ludo in physics untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik SMA 17 Agustus 1945 Surabaya pada pokok bahasan usaha dan energi. Undergraduate thesis, Widya Mandala Catholic University Surabaya.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
abstrak.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 1)
BAB I.pdf

Download (306kB) | Preview
[img] Text (BAB 2)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (741kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img]
Preview
Text (BAB 5)
BAB V.pdf

Download (415kB) | Preview
[img] Text (LAMPIRAN)
lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (21MB) | Request a copy

Abstract

Pada observasi awal dan proses wawancara dengan guru Fisika diperoleh bahwa peserta didik kurang terlibat aktif dan kurang mampu menguasai materi yang diberikan guru dalam proses pembelajaran fisika di kelas. Sebagian besar peserta didik merasa kesulitan dalam belajar fisika karena banyaknya penurunan rumus, model pembelajaran yang digunakan guru kurang variatif, suasana kelas yang kadang ramai, dan kurangnya motivasi belajar dalam diri peserta didik. Kondisi ini menyebabkan hasil belajar yang diperoleh peserta didik kurang memuaskan. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik dengan menggunakan model pembelajaran Discovery Learning berbantuan media pembelajaran berbentuk papan permainan pada pokok bahasan usaha dan energi. Model pembelajaran tipe Discovery Learning dipilih karena mengacu pada belajar kelompok peserta didik dan menggunakan permainan Ludo yang telah dikembangkan sehingga membangkitkan minat belajar peserta didik dalam menyelesaikan soal-soal. Penelitian dilaksanakan dari tanggal 13 Februari 2019 sampai dengan 28 Februari 2019. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengembangan media pembelajaran fisika Ludo In Physics dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik SMA 17 Agustus 1945 Surabaya pada pokok bahasan usaha dan energi. Berdasarkan hasil penilaian media oleh ahli, media yang telah dikembangkan dikategorikan baik, dengan nilai rata-rata sebesar 4,11, hasil penilaian media oleh peer reviewer, media yang telah dikembangkan dinyatakan baik, dengan porsentase sebesar 92,63%, hasil penilaian media oleh peserta dengan menggunakan angket respon, media yang telah dikembangkan dinyatakan baik, dengan porsentase sebesar 89,2%. Hasil ujicoba lapangan pada peserta didik kelas X MIPA di SMA 17 Agustus 1945 Surabaya memberikan hasil rata-rata nilai pre-test siswa adalah sebesar 45,19; rata-rata nilai post-test siswa adalah sebesar 65,19; dan rata-rata N-gain score untuk hasil pre-test dan post-test tersebut adalah sebesar 0,33, yang mana dikategorikan sedang.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Department: S1 - Pendidikan Fisika
Contributors:
ContributionContributorsNIDN / NIDKEmail
Thesis advisorWijaya, AnthonyNIDN0715058503anthony@ukwms.ac.id
Uncontrolled Keywords: Media pembelajaran, media pembelajaran berbasis papan permainan, usaha dan energi, peningkatan hasil belajar.
Subjects: Physic Education
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Physics Education Study Program
Depositing User: Users 8090 not found.
Date Deposited: 06 Feb 2020 03:14
Last Modified: 06 Feb 2020 03:14
URI: http://repository.wima.ac.id/id/eprint/21359

Actions (login required)

View Item View Item