Tjandra, Santi Oktavia (2004) Hubungan antara ketergantungan game komputer dengan motivasi belajar pada siswa SLTP Dapena 1 Surabaya. Undergraduate thesis, Widya Mandala Catholic University Surabaya.
Preview |
Text (ABSTRAK)
Abstrak.pdf Download (295kB) | Preview |
Preview |
Text (BAB 1)
BAB 1.pdf Download (228kB) | Preview |
Text (BAB 2)
BAB 2.pdf Restricted to Registered users only Download (814kB) |
|
Text (BAB 3)
BAB 3.pdf Restricted to Registered users only Download (196kB) |
|
Text (BAB 4)
BAB 4.pdf Restricted to Registered users only Download (388kB) |
|
Text (BAB 5)
BAB 5.pdf Restricted to Registered users only Download (266kB) |
|
Preview |
Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf Download (656kB) | Preview |
Abstract
Pada saat ini kecanggihan teknologi makin berkembang pesat sesuai dengan tuntutan hidup di dunia yang terobsesi dengan kehidupan yang serba praktis, mudah, dan modern. Hampir seluruh masyarakat, mulai dari anak-anak hingga orang dewasa, dari kalangan atas dan menengah mengenal, mengetahui, dan menjadi pengguna komputer. Di sisi lain, tidak dapat disangkal bahwa perkembangan game komputer merupakan bagian dari perkembangan teknologi komputer dan kehadirannya juga membawa dampak yang negatif bagi yang sering memainkannya. Game komputer inilah yang mengakibatkan banyak remaja sekarang menjadi ketergantungan, sehingga mempengaruhi jadwal kehidupan remaja sehari-hari dan lebih suka untuk menghabiskan waktu mereka untuk bermain dan biasanya remaja menjadi malas untuk belajar. Oleh karena itu penelitian ini bertujuan untuk meneliti ada tidaknya hubungan antara ketergantungan game komputer dengan motivasi belajar pada remaja awal. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa laki-laki SLTP Dapena 1 Surabaya yang berusia antara 11 - 17 tahun dan sering memainkan game komputer. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan teknik purposive sampling dan teknik analisis data yang digunakan adalah korelasi product moment dari Karl Pearson. Dari pengujian diperoleh hasil koefisien korelasi (Yxy) sebesar 0,559 dengan p = 0,000 (p < 0,05) sehingga hipotesis yang ada diterima. Hal ini berarti bahwa ada hubungan negatif yang signifikan antara ketergantungan game komputer terhadap motivasi belajar pada remaja awal. Sumbangan efektif variabel ketergantungan game komputer terhadap motivasi belajar adalah 31,248 %. Jadi masih banyak faktor-faktor lain yang lebih mempengaruhi motivasi belajar, antara lain : keluarga, lingkungan, sekolah, jenis kelamin. Simpulan dari penelitian ini adalah: 1. Ada hubungan antara ketergantungan game komputer dengan motivasi belajar. 2. Sebagian besar subjek mengalami ketergantungan game komputer yang tergolong sangat tinggi (96,25 %). 3. Sebagian besar subjek memiliki motivasi belajar yang tergolong tinggi (50%)
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Department: | ["eprint_fieldopt_department_Faculty of Psycology" not defined] |
Subjects: | Psychology |
Divisions: | Faculty of Psychology > Psychology Study Program |
Depositing User: | Users 12 not found. |
Date Deposited: | 27 May 2015 02:44 |
Last Modified: | 27 May 2015 02:44 |
URI: | http://repository.ukwms.ac.id/id/eprint/2161 |
Actions (login required)
View Item |