Fraksinasi dan Identifikasi Senyawa Antioksidan pada Ekstrak Etanol buah Goji berry (Lycium barbarum Linn) secara Kromatografi Kolom.

Albrian, Diga and Wijaya, Sumi and Setiawan, Henry Setiawan (2013) Fraksinasi dan Identifikasi Senyawa Antioksidan pada Ekstrak Etanol buah Goji berry (Lycium barbarum Linn) secara Kromatografi Kolom. Jurnal Farmasi Sains dan Terapan, 1 (1). 31 -35. ISSN 2338-8404

[img]
Preview
Text (Fraksinasi dan Identifikasi Senyawa Antioksidan pada Ekstrak Etanol buah Goji berry (Lycium barbarum Linn) secara Kromatografi Kolom.)
1-Fraksinasi_dan_identifikasi_.pdf

Download (973kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Fraksinasi dan Identifikasi Senyawa Antioksidan pada Ekstrak Etanol buah Goji berry (Lycium barbarum Linn) secara Kromatografi Kolom._peer_review)
1-R1&2_Fraksinasi_dan_identifikasi_.pdf

Download (737kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Fraksinasi dan Identifikasi Senyawa Antioksidan pada Ekstrak Etanol buah Goji berry (Lycium barbarum Linn) secara Kromatografi Kolom.)
1-Fraksinasi_dan_identifikasi_Hasil Cek Similarity.pdf

Download (2MB) | Preview
Official URL: http://journal.wima.ac.id/index.php/JFST/article/v...

Abstract

Buah Goji berry (Lyc/um barbarum L). Memiliki kandungan senyawa kimia yang dimiliki antara lain polisakarida, zeaxanthin dan beta-carotene. Aktivitas dan senyawa kimia terse but masih tergolong keluarga dari 'senyawa a ntioksidan, yang digunakan sebagai terapi penyembuhan terhadap penyakit akibat dari adanya radikal bebas seperti penyakit atherosclerosis, cancer, liver cirrhosis, hipertensi dan diabetes. Pada penelitian ini dllakukan fraksinasi dan identifikasi terhadap ekstrak etanol buah Goji berry untuk mendapatkan senyawa atau golongan yang mempunyai daya antioksidan pada ekstrak etanol buah Goji berry dengan metode kolom kromatografi dan metod,e DPPH, Senyawa yang terisolasi akan diidentifikasi dengan menggunakan metode skrinning fitokimia, KLT, Spektrofotometer UV-Vis dan spektrofotometer Inframerah. Dari hasil penelitian didapatkan bahwa buah Goji berry memiliki senyawa metabolit sekunder yang berfungsi sebagai antioksidan yaitu senyawa flavonoid (flavon atau flavonol), Aktivitas antioksidan hasil fraksinasi memberikan aktivitas antioksidan yangtinggi dibandingkan dengan ekstrak etanol buah Goji berry. Golongan metabolit sekundar dalam fraksi etanol buah goji berry yang dapat berfungsi sebagai senyawa antioksidan adalah flavonoid dan fraksi etanol dari buah goji berry memiliki aktivitas antioksidan yang lebih besardibandingkan dengan ekstrak etanolnya.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Antioksidan, Goji berry, DPPH dan kolom kromatografi.
Subjects: Pharmacy
Divisions: Journal Publication
Depositing User: F.X. Hadi
Date Deposited: 21 Feb 2020 06:26
Last Modified: 02 Mar 2020 03:13
URI: http://repository.wima.ac.id/id/eprint/21666

Actions (login required)

View Item View Item