Pengembangan Media Pembelajaran Fisika Berbasis Board Game Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Fisika Peserta Didik SMA Kelas X

Kurniasari, - and Wijaya, Anthony and Fransiska, Theresia and Prasetyo, Agung and Cahyani, Putri Indah and Kopong, Adeodatus Yohanes (2020) Pengembangan Media Pembelajaran Fisika Berbasis Board Game Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Fisika Peserta Didik SMA Kelas X. Jurnal WAPI (Wahana Pendidikan Fisika), 5 (1). pp. 49-55. ISSN 2338-1027

[img]
Preview
Text (Pengembangan Media Pembelajaran Fisika Berbasis Board Game Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Fisika Peserta Didik SMA Kelas X)
2-Pengembangan_media_pembelajaran_.pdf

Download (584kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Pengembangan Media Pembelajaran Fisika Berbasis Board Game Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Fisika Peserta Didik SMA Kelas X)
2-Pengembangan_media_Hasil Cek Similarity.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text (Pengembangan Media Pembelajaran Fisika Berbasis Board Game Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Fisika Peserta Didik SMA Kelas X_peer_review)
2-R1&2-Pengembangan_media_pembelajaran_ .pdf

Download (1MB) | Preview
Official URL: https://ejournal.upi.edu/index.php/WPF/article/vie...

Abstract

Media papan permainan (Board Games) memiliki karakteristik tertentu dimana peserta didik tidak hanya memperhatikan media saja tetapi juga berperan aktif dalam penggunaannya, sehingga diharapkan dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik pada pelajaran fisika. Desain penelitian pengembangan ini menggunakan model pengembangan ADDIE (Analysis-Design-Develop-Implement-Evaluate). Hasil penelitian ini adalah dikembangkannya media pembelajaran fisika berbasis Board Game, yang diimplementasikan dalam pembelajaran fisika SMA Kelas X. Pengembangan media pembelajaran yang telah dilakukan terdiri dari 4 papan permainan yaitu, Journey of Physics, Slide And Ladder, Jumanji Physics dan Ludo in Physics. Hasil validasi ahli terhadap media pembelajaran fisika berbasis Board Game yang dikembangkan berturut-turut adalah 4,46; 4,21; 4,36; 4,11, dari skala maksimal 5. Pada tahap implementasi, dilakukan One Group Pretest-Posttest Design melalui indikator N-Gain Score, dengan hasil adalah 0,58; 0,49; 0,65; 0,33 dengan kategori sedang. Dari hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran fisika berbasis Board Game yang telah dikembangkan dapat meningkatkan hasil belajar fisika peserta didik SMA Kelas X.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Board Game; hasil belajar siswa; media pembelajaran fisika.
Subjects: Physic Education
Divisions: Journal Publication
Depositing User: F.X. Hadi
Date Deposited: 04 Mar 2020 05:00
Last Modified: 04 May 2020 06:45
URI: http://repository.wima.ac.id/id/eprint/21688

Actions (login required)

View Item View Item