Penerimaan catcalling dalam iklan “Shimmer in the Dark: Jimmy Choo CR18 Featuring Cara Delevingne” di Youtube

Diharja, Reyan Shofya (2020) Penerimaan catcalling dalam iklan “Shimmer in the Dark: Jimmy Choo CR18 Featuring Cara Delevingne” di Youtube. Undergraduate thesis, Widya Mandala Catholic University Surabaya.

[thumbnail of ABSTRAK]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of BAB 1]
Preview
Text (BAB 1)
BAB I.pdf

Download (249kB) | Preview
[thumbnail of BAB 2] Text (BAB 2)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (185kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 3] Text (BAB 3)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (146kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 4] Text (BAB 4)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 5]
Preview
Text (BAB 5)
BAB V.pdf

Download (211kB) | Preview
[thumbnail of LAMPIRAN] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (547kB) | Request a copy

Abstract

Catcalling adalah bentuk pelecehan seksual secara verbal yang dilakukan di tempat publik. Fenomena catcalling juga ditampilkan dalam media, salah satunya adalah iklan milik Jimmy Choo yang berjudul “Shimmer In The Dark”. Tindakan yang ditampilkan pada iklan Jimmy Choo tersebut akan menimbulkan berbagai penerimaan dari informan. Oleh karena itu, metode yang digunakan dalam melihat pendapat informan adalah dengan Reception Analysis. Metode tersebut akhirnya memunculkan penerimaan informan yang menganggap catcalling yang terdapat pada iklan merupakan tindakan yang melecehkan orang lain, selain itu ada pula informan yang berpendapat bahwa tindakan yang terdapat pada iklan merupakan tindakan yang wajar. Mengenai iklan Jimmy Choo, tidak hanya menyampaikan pesan eksplisit, namun juga pesan implisit berupa tindakan catcalling secara verbal dan nonverbal. Oleh karena itu, tiga informan berada dalam oppositional position karena mereka cenderung menolak bahwa iklan Jimmy Choo mengandung unsur catcalling. Sementara dua informan menempati dominant position karena cenderung menerima bahwa terdapat tindakan catcalling dalam iklan Jimmy Choo. Terakhir, satu informan menduduki negotiated position karena ia memang menerima namun tidak sepenuhnya menolak mengenai pesan catcalling. Dengan demikian dapat disimpulkan, penerimaan mengenai catcalling masih cenderung ditolak karena dipengaruhi oleh pengalaman dan pemahaman informan bahwa iklan Jimmy Choo tidak mengandung unsur catcalling.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Department: S1 - Ilmu Komunikasi
Contributors:
Contribution
Contributors
NIDN / NIDK
Email
Thesis advisor
Hartiana, Theresia Intan Putri
NIDN0725058704
UNSPECIFIED
Thesis advisor
Akhsaniyah, .
NIDN0702807602
UNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Media massa, penerimaan, catcalling, Iklan Jimmy Choo dan Reception Analysis.
Subjects: Communication Science
Divisions: Faculty of Communication Science > Communication Science Study Program
Depositing User: Users 8277 not found.
Date Deposited: 23 Jun 2020 04:44
Last Modified: 23 Jun 2020 04:44
URI: http://repository.ukwms.ac.id/id/eprint/21866

Actions (login required)

View Item View Item