Penggunaan teknologi informasi perkantoran pada kegiatan korespondensi di departemen sales & marketing hotel Midtown Surabaya

Kartika, Meliana (2020) Penggunaan teknologi informasi perkantoran pada kegiatan korespondensi di departemen sales & marketing hotel Midtown Surabaya. Diploma thesis, Widya Mandala Catholic University Surabaya.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (636kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 1)
BAB I.pdf

Download (330kB) | Preview
[img] Text (BAB 2)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (779kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (362kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img]
Preview
Text (BAB 5)
BAB V.pdf

Download (328kB) | Preview
[img] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Laporan Tugas Akhir ini berisi pengamatan terhadap penggunaan teknologi informasi perkantoran pada kegiatan korespondensi atau surat-menyurat di Departemen Sales & Marketing Hotel Midtown Surabaya. Selain itu akan dibahas pula pemanfaatan fitur-fitur pada teknologi informasi perkantoran saat ini yang dapat digunakan untuk memaksimalkan kegiatan korespondensi bisnis. Pengamatan ini dilakukan selama penulis melaksanakan Praktik Kerja Lapangan di Hotel Midtown Surabaya sebagai seorang admin. Sebagai seorang admin, korespondensi atau surat-menyurat menjadi salah satu kegiatan sehari-hari mengingat korespondensi merupakan salah satu media komunikasi penting dan formal dalam bisnis perhotelan hingga saat ini. Mengingat perkembangan zaman semakin pesat dan teknologi semakin canggih, maka pemanfaatan teknologi informasi dapat dilakukan agar hasil kerja menjadi lebih maksimal. WPS Office menjadi salah satu perangkat lunak yang paling sering digunakan sebagai media pendukung pembuatan surat di Departemen Sales & Marketing Hotel Midtown Surabaya. Fitur-fitur dalam WPS Office dapat dimaksimalkan untuk menghasilkan sebuah surat yang rapi tanpa harus menghabiskan banyak waktu dalam pembuatannya. Sedangkan untuk proses pendistribusian surat secara online (surat elektronik), Hotel Midtown Surabaya menggunakan Mozilla Thunderbird dan Microsoft Outlook yang memiliki kelebihan pada kelengkapan fitur pengelolaan email secara lokal di komputer dan laptop. Pengaturan daftar akun, pencarian pesan, dan pembacaan beberapa surat elektronik secara bersamaan dapat dilakukan secara mudah dan cepat. Setelah dilakukan pengamatan, penulis mendapati bahwa sebagian staf belum seluruhnya menerapkan fungsi teknologi informasi perkantoran dengan maksimal. Selain itu, tidak adanya seorang admin yang menangani administrasi secara khusus cukup berdampak pada kinerja para staf departemen yang tidak dapat selalu berada di dalam ruangan oleh karena pekerjaan utamanya yang mengharuskan mereka berada di luar perusahaan. Oleh karena itu, penulis juga menyarankan pihak perusahaan untuk merekrut seorang admin yang menguasai teknologi informasi perkantoran untuk menangani administrasi secara khusus agar kegiatan administrasi seperti korespondensi dan kearsipan dapat berjalan lebih efektif dan efisien.

Item Type: Thesis (Diploma)
Department: D3 - Administrasi Perkantoran
Contributors:
ContributionContributorsNIDN / NIDKEmail
Thesis advisorSubandoro, Philipus SuryoNIDN0711057602philipus@ukwms.ac.id
Uncontrolled Keywords: Teknologi Informasi Perkantoran, Korespondensi, Administrasi, WPS Office
Subjects: Office Administration
Divisions: Faculty of Vocational > Office Administration Diploma Study Program
Depositing User: Users 8354 not found.
Date Deposited: 30 Jun 2020 06:43
Last Modified: 30 Jun 2020 06:43
URI: http://repository.wima.ac.id/id/eprint/21912

Actions (login required)

View Item View Item