Faktor-faktor pengambilan keputusan remaja putri melakukan premarital intercourse

Aypassa, Yeremia Bangkit Reforma Meindra (2020) Faktor-faktor pengambilan keputusan remaja putri melakukan premarital intercourse. Undergraduate thesis, Widya Mandala Catholic University Surabaya.

[thumbnail of ABSTRAK]
Preview
Text (ABSTRAK)
Abstrak.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of BAB 1]
Preview
Text (BAB 1)
BAB I.pdf

Download (247kB) | Preview
[thumbnail of BAB 2] Text (BAB 2)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (167kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 3] Text (BAB 3)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (132kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 4] Text (BAB 4)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (635kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 5] Text (BAB 5)
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (271kB) | Request a copy
[thumbnail of LAMPIRAN] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (342kB) | Request a copy

Abstract

Remaja dikatakan sebagai masa transisi, terdapat perubahan yang terjadi baik perubahan secara fisik, emosionalitas, sosial dan pola pikir. Secara fisik, perubahan yang terjadi pada masa remaja diidentikan dengan organ-organ baik dari remaja putri maupun putra mengalami kematangan atau dimaknai dengan istilah pubertas. Perubahan yang terjadi pada masa remaja menyebabkan remaja menjalin hubungan yang disebut sebagai pacaran. Perilaku berpacaran yang semula sesuai dengan norma-norma yang berlaku menjadi menyimpang jauh dan dikenal dengan istilah pergaulan bebas hingga melakukan perilaku seksual, tentu saja perilaku tersebut dilandasi oleh berbagai faktor pengambilan keputusan. Pengambilan keputusan (Decision Making) merupakan pemilihan dari berbagai alternatif perilaku menjadi satu perilaku. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor pengambilan keputusan dari remaja putri yang melakukan seks pranikah atau premarital intercourse. Pendekatan yang digunakan adalah kualitatif dengan metode fenomenologis. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis tematik model induktif. Teknik sampling yang digunakan adalah snowball sampling. Informan dalam penelitian ini merupakan dua remaja putri di Surabaya yang telah melakukan perilaku seks pranikah. Hasil dari penelitian ini didapatkan bahwa faktor yang mempengaruhi remaja putri melakukan premarital intercourse adalah (1) faktor sosial, (2) faktor biologis dan (3) faktor psikologis. Faktor sosial ajakan dari pasangan dan tidak adanya pendidikan seksual dari keluarga yang menyebabkan informan mencari tahu secara mandiri. Faktor biologis meliputi seks merupakan suatu kebutuhan dan faktor psikologis meliputi kontrol diri (self control) yang rendah terhadap ajakan pasangan,serta informan memiliki rasa sayang dan cinta yang berlebihan kepada pasangan sehinga rela untuk melakukan hubungan seksual.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Department: S1 - Psikologi
Contributors:
Contribution
Contributors
NIDN / NIDK
Email
Thesis advisor
Apsari, Florentina Yuni
NIDN0717067305
yuni@ukwms.ac.id
Uncontrolled Keywords: Pengambilan keputusan, remaja putri, perilaku seks pranikah, faktor psikologis, sosial dan pribadi
Subjects: Psychology
Divisions: Faculty of Psychology > Psychology Study Program
Depositing User: Users 8333 not found.
Date Deposited: 07 Jul 2020 08:36
Last Modified: 07 Jul 2020 08:36
URI: http://repository.ukwms.ac.id/id/eprint/22018

Actions (login required)

View Item View Item