Kajian teori tentang model pembelajaran kooperatif tipe Team Assisted Individualization (TAI) untuk meningkatkan keaktifan siswa dan prestasi belajar matematika siswa

Mutiasari, Devita (2020) Kajian teori tentang model pembelajaran kooperatif tipe Team Assisted Individualization (TAI) untuk meningkatkan keaktifan siswa dan prestasi belajar matematika siswa. Undergraduate thesis, Widya Mandala Catholic University Surabaya.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK .pdf

Download (791kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 1)
BAB 1.pdf

Download (197kB) | Preview
[img] Text (BAB 2)
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (256kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3)
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (173kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4)
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (110kB) | Request a copy
[img]
Preview
Text (BAB 5)
BAB 5.pdf

Download (126kB) | Preview
[img] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (293kB) | Request a copy
[img] Text (ARTIKEL)
ARTIKEL.pdf
Restricted to Registered users only

Download (95kB) | Request a copy

Abstract

Dalam dunia pendidikan salah satu penilaian yang dapat digunakan untuk mengukur kemampuan siswa dalam suatu pembelajaran adalah prestasi belajar siswa. Prestasi belajar merupakan salah satu aspek yang sangat penting dalam pembelajaran khususnya matematika, karena biasanya melalui prestasi belajar yang baik dapat menentukan seseorang telah berhasil menguasai materi tertentu. Namun di sisi lain, terdapat aspek-aspek lain yang menjadi penentu keberhasilan belajar siswa, salah satunya adalah keaktifan siswa. Tanpa adanya aktivitas pada suatu pembelajaran maka proses belajar mengajar tidak dapat berjalan dengan baik. Berdasarkan observasi yang telah dilakukan diperoleh bahwa prestasi belajar matematika siswa masih rendah, disebabkan masih banyak siswa yang tergolong kurang aktif selama proses pembelajaran berlangsung. Aktif yang terjadi pada siswa lebih ke arah yang negatif, sehingga tidak bermanfaat bagi siswa maupun guru. Untuk mengatasi permasalahan tersebut dengan menerapkan salah satu model pembelajaran yang dapat digunakan yaitu model pembelajaran kooperatif tipe Team Assisted Individualization (TAI). Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana model pembelajaran kooperatif tipe Team Assisted Individualization (TAI) dapat meningkatkan keaktifan siswa dan prestasi belajar matematika siswa. Model pembelajaran kooperatif tipe Team Assisted Individualization (TAI) adalah model pembelajaran yang mengkombinasikan keunggulan model kooperatif dan pembelajaran individual. Langkah pembelajaran dalam model ini yaitu Placement Test, Teams, Teaching Group, Student Creative, Team Study, Whole-Class-Units, Facts Test, Team Scores and Team Recognition. Hasil yang didapat dari penelitian ini didasarkan pada analisis data yang bersumber dari teori dan hasil penelitian terdahulu yang terbukti relevan antara teori yang dipaparkan dan bukti konkret di lapangan yang terjadi menunjukkan bahwa dalam beberapa langkah model pembelajaran TAI banyak melatih siswa untuk mampu belajar secara mandiri berdasarkan pengetahuan yang telah dimilikinya dalam menyelesaikan masalah yang diberikan saat pembelajaran, mampu bekerja sama secara positif dalam sebuah tim diskusi untuk menyelesaikan masalah yang diberikan, aktif dalam membangun suatu komunikasi yang baik secara individu maupun kelompok, siswa juga dilatih untuk mampu mengemukakan pendapat/gagasan mengenai materi yang sedang dibahas, saling bertukar pikiran dengan teman-temannya, mampu membangun rasa percaya diri dalam diri siswa, serta dituntut untuk dapat meningkatkan kerja sama dalam suatu pembelajaran sehingga nantinya dapat mengatasi kesulitan belajarnya secara individu dan memperoleh prestasi yang memuaskan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Department: S1 - Pendidikan Metematika
Contributors:
ContributionContributorsNIDN / NIDKEmail
Thesis advisorRahajeng, RestyNIDN0714088503UNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: keaktifan siswa, prestasi belajar matematika siswa, team assisted individualization (TAI)
Subjects: Widya Mandala Catholic University on Madiun Campus > Faculty of Teacher Training and Education
Mathematics
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > PSDKU - Mathematics Education Study Program
Depositing User: Devita Mutiasari
Date Deposited: 22 Jul 2020 03:33
Last Modified: 22 Jul 2020 03:33
URI: http://repository.wima.ac.id/id/eprint/22025

Actions (login required)

View Item View Item