Pengaruh current ratio, debt to equity ratio, asset growth, return on asset, dan total asset turnover terhadap dividend payout ratio (studi empiris pada perusahaan manufaktur yang terdaftar di BEI periode 2016-2018)

Hidayati, Futri Mia (2020) Pengaruh current ratio, debt to equity ratio, asset growth, return on asset, dan total asset turnover terhadap dividend payout ratio (studi empiris pada perusahaan manufaktur yang terdaftar di BEI periode 2016-2018). Undergraduate thesis, Widya Mandala Catholic University Surabaya.

[thumbnail of ABSTRAK]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (868kB) | Preview
[thumbnail of BAB 1]
Preview
Text (BAB 1)
BAB 1.pdf

Download (206kB) | Preview
[thumbnail of BAB 2] Text (BAB 2)
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (363kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 3] Text (BAB 3)
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (446kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 4] Text (BAB 4)
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (429kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 5]
Preview
Text (BAB 5)
BAB 5.pdf

Download (197kB) | Preview
[thumbnail of LAMPIRAN] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Perusahaan yang mengalami laba dapat menggunakan labanya untuk diinvestasikan kembali dalam bentuk laba ditahan maupun dibagikan kepada pemegang saham dalam bentuk dividen. Kebijakan dividen suatu perusahaan tergambar dari dividend payout ratio. Dalam pembagian dividen, pemegang saham menginginkan dividen dibagikan dalam jumlah yang besar, sedangkan manajemen perusahaan menginginkan laba perusahaan ditahan sebagai sumber pendanaan. Besar kecilnya dividen yang dibagikan tergantung pada kebijakan dividen yang telah ditetapkan oleh perusahaan. Penelitian kuantitatif ini bertujuan untuk menguji faktor-faktor yang berpengaruh terhadap dividend payout ratio. Variabel independen yang diambil adalah current ratio, debt to equity ratio, asset growth, return on asset, dan total asset turnover. Objek penelitian ini adalah perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia pada tahun 2016-2018. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 50 perusahaan manufaktur yang dipilih dengan teknik purposive sampling. Sumber data diperoleh dari laporan keuangan tahunan. Teknis analisis data menggunakan regresi linear berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa asset growth dan total asset turnover berpengaruh terhadap dividend payout ratio. Sedangkan current ratio, debt to equity ratio, dan return on asset tidak berpengaruh terhadap dividend payout ratio. Hal ini menunjukkan bahwa tingkat current ratio yang tinggi, debt to equity ratio yang rendah, dan return on asset yang tinggi di perusahaan tidak akan mempengaruhi besar kecilnya dividen kas yang dibagikan oleh perusahaan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Department: S1 - Akuntansi
Contributors:
Contribution
Contributors
NIDN / NIDK
Email
Thesis advisor
Immanuela, Intan
NIDN0724127401
UNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: asset growth, total asset turnover, dividend payout ratio
Subjects: Business > Accounting
Widya Mandala Catholic University on Madiun Campus > Faculty of Business
Divisions: Faculty of Business > PSDKU - Accounting Undergraduate Study Program
Depositing User: Users 8295 not found.
Date Deposited: 04 Aug 2020 08:03
Last Modified: 13 Feb 2023 08:42
URI: http://repository.ukwms.ac.id/id/eprint/22129

Actions (login required)

View Item View Item