Pengaruh ekuitas merek aqua terhadap perilaku konsumen

Hardjo, Johanes (2004) Pengaruh ekuitas merek aqua terhadap perilaku konsumen. Undergraduate thesis, Widya Mandala Catholic University Surabaya.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
Abstrak.pdf

Download (292kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 1)
BAB 1.pdf

Download (116kB) | Preview
[img] Text (BAB 2)
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (370kB)
[img] Text (BAB 3)
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (244kB)
[img] Text (BAB 4)
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (377kB)
[img] Text (BAB 5)
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (267kB)
[img]
Preview
Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Persaingan yang terjadi pada jaman sekarang ini adalah berusaha untuk memperoleh keunggulan merek, karena merek merupakan ciri khusus yang menunjukkan keberadaan perusahaan dalam perdagangan. Konsumen juga lebih mengenal merek daripada menjelaskan suatu produk / jasa. Oleh karena itu merek merupakan hal yang penting bagi perusahaan, sebab merek mengandung unsur emosional dengan pelanggan, keyakinan dan harapan yang dimiliki oleh pelanggan. Dalam hal ini, ekuitas merek bisa memberikan nilai tambah atau mengurangi nilai dari sebuah produk atau jasa, dan di dalam ekuitas merek terdapat aset-aset loyalitas merek, kesadaran merek, kesan kualitas dan asosiasi merek. Dimana setiap aset tersebut bisa mempengaruhi perilaku konsumen dalam menentukan produk yang akan dikonsumsinya (Aaker, 1997: 404). Maka dalam hal ini jika sebuah produk mempunyai ekuitas merek yang tinggi maka perilaku konsumen juga cenderung menurun dan sebaliknya, jika ekuitas merek suatu produk rendah maka perilaku konsumen akan tinggi. Berdasarkan tinjauan teoritis, diajukan hipotesis penelitian yaitu ada pengaruh antara ekuitas merek dengan perilaku konsumen. Subjek yang digunakan dalam penelitian ini adalah mahasiswa Universitas Katolik Widya Mandala Surabaya yang berusia 19-24 th. Populasi yang diambil berjumlah 200 subjek. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah angket, dengan jenis angket langsung yang bersifat tertutup. Teknik analisis data yang digunakan adalah Teknik Korelasi Kendall's tau_b. Berdasarkan hasil analisis data diketahui ada hubungan yang signifikan antara ekuitas merek dengan perilaku konsumen yaitu dengan r xy = 0,626, P=O,OOO (P<0,05). Hal tersebut berarti semakin positif ekuitas merek, semakin tinggi perilaku konsumen dan sebaliknya, makin negatif ekuitas merek, semakin rendah perilaku konsumen. Untuk peneliti selanjutnya, disarankan agar meneliti faktor-faktor lain yang dapat mempengaruhi perilaku konsumen, serta memperluas wilayah pengambilan sampel.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Department: ["eprint_fieldopt_department_Faculty of Psycology" not defined]
Subjects: Psychology
Divisions: Faculty of Psychology > Psychology Study Program
Depositing User: Users 33 not found.
Date Deposited: 27 May 2015 03:04
Last Modified: 27 May 2015 03:04
URI: http://repository.wima.ac.id/id/eprint/2214

Actions (login required)

View Item View Item