Meningkatkan kecerdasan intrapersonal dan interpersonal anak usia 4-5 tahun melalui metode proyek di TKK Cor Jesu Malang

Metkono, Dominika Injel (2020) Meningkatkan kecerdasan intrapersonal dan interpersonal anak usia 4-5 tahun melalui metode proyek di TKK Cor Jesu Malang. Undergraduate thesis, Widya Mandala Catholic University Surabaya.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
Abstrak.pdf

Download (374kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 1)
Bab 1.pdf

Download (218kB) | Preview
[img] Text (BAB 2)
Bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (541kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3)
Bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (420kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4)
Bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (718kB) | Request a copy
[img]
Preview
Text (BAB 5)
Bab 5.pdf

Download (428kB) | Preview
[img] Text (LAMPIRAN)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Anak usia dini merupakan masa-masa yang perlu mendapatkan stimulus dari orang dewasa untuk membantu mengoptimalkan pertumbuhan dan perkembangan sehingga berkembang sesuai tahapan usia. Pertumbuhan dan perkembangan setiap anak berbeda satu dengan yang lain tergantung stimulasi yang diterima anak. Stimulasi yang diterima akan sangat membantu setiap individu anak untuk mengembangkan aspek-aspek perkembangan. Selain aspek yang distimulus adapun kecerdasan yang dimiliki individu perlu ditumbuh kembangkan agar menjadi bekal dalam kehidupan anak selanjutnya. Kecerdasan ini sangat penting juga bagi individu dalam pembentukan karakter dirinya. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kecerdasan intrapersonal dan interpersonal anak usia 4-5 tahun melalui metode proyek di TKK Cor Jesu Malang. Jenis penelitian adalah penelitian tindakan kelas menggunakan model Kemmis dan Mc.Taggart. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi dilakukan saat kegiatan proyek berlangsung. Subyek penelitian kelompok A1 dengan jumlah 16 orang: 6 laki-laki dan 10 perempuan. Metode perolehan data melalui metode proyek yang diterapkan dan indikator kecerdasan intrapersonal dan interpersonal yang menjadi instrumen penelitian. Metode analisis data menggunakan deskriptif kuantitatif. Hasil utama analisis data penelitian menunjukkan bahwa kecerdasan intrapersonal dan interpersonal Siklus I pertemuan pertama kecerdasan intrapersonal berada pada kategori MB dengan presentase 100% sedangkan kecerdasan interpersonal berada pada kategori BSH dengan presentase 25%. Pertemuan kedua anak mencapai kategori BSH pada kecerdasan intrapersonal dengan presentase 68,75% sedangkan kecerdasan interpersonal dengan presentase 62,5%. Pertemuan ketiga kecerdasan intrapersonal berada pada kategori BSH dengan presentase 68,75% sedangkan kecerdasan interpersonal pada kategori BSB dengan presentase 6,25%. Pertemuan keempat mencapai kategori BSB pada kecerdasan intrapersonal dengan presentase 25% sedangkan kecerdasan interpersonal dengan presentase 31.25%. Maka hasil penelitian Siklus I dapat disimpulkan bahwa metode proyek dapat meningkatkan kecerdasan intrapersonal dan interpersonal anak usia 4-5 tahun TKK Cor Jesu Malang.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Department: S1 - Pendidikan Guru PAUD
Contributors:
ContributionContributorsNIDN / NIDKEmail
Thesis advisorPuridawaty, BrigitaNIDN0711108002gitawm@ukwms.ac.id
Thesis advisorSimanjuntak, Anita RoslinaNIDN0711049201anitaroslina@ukwms.ac.id
Uncontrolled Keywords: Kecerdasan intrapersonal & interpersonal, metode proyek
Subjects: Early Childhood Education
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Early Childhood Education Study Program
Depositing User: Dominika Injel Metkono
Date Deposited: 22 Jul 2020 06:46
Last Modified: 22 Jul 2020 09:11
URI: http://repository.wima.ac.id/id/eprint/22402

Actions (login required)

View Item View Item