Analisis pengaruh gaya kepemimpinan transformasional terhadap kinerja UMKM: praktik akuntansi manajemen sebagai pemediasi

Sethieawan, Sandra Fransiska (2020) Analisis pengaruh gaya kepemimpinan transformasional terhadap kinerja UMKM: praktik akuntansi manajemen sebagai pemediasi. Masters thesis, Widya Mandala Catholic University Surabaya.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (850kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 1)
BAB 1.pdf

Download (36kB) | Preview
[img] Text (BAB 2)
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (96kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3)
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (93kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4)
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (222kB) | Request a copy
[img]
Preview
Text (BAB 5)
BAB 5 + DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (77kB) | Preview
[img] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (226kB) | Request a copy

Abstract

Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) merupakan bagian penting yang sangat mempengaruhi kekuataan dalam perekonomian nasional di Indonesia. Dalam krisis ekonomi tahun 1997-1998, UMKM telah terbukti tidak terpengaruh oleh krisis yang sedang terjadi dan tetap berdiri kokoh. Faktor keberhasilan UMKM tidak terlepas dari pihak internal yang memiliki peranan penting yang pada umumnya tersentral pada pemilik. Pemilik memegang peranan penting dalam setiap keputusan yang akan diambil. Dibutuhkan gaya kepemimpinan yang tepat dalam hal ini gaya kepemimpinan transformasional. Untuk mengambil keputusan secara tepat, pemimpin perlu mengetahui informasi-informasi yang berguna. Informasi ini dapar diperoleh melalui penerapan praktik akuntansi manajemen. Penerapan praktik akuntansi manajemen harus sesuai dengan lingkungan bisnis yang dihadapi organisasi. Penerapan praktik akuntansi manajemen yang tepat bagi UMKM ialah tahap 1 yang fokus pada pengendalian biaya serta perencanaan keuangan.Gaya kepemimpinan transformasional jika didukung dengan penerapan praktik akuntansi manajemen maka akan meningkatkan kinerja UMKM. Dengan demikian, penelitian ini bertujuan untuk menguji dan menganalisis pengaruh gaya kepemimpinan terhadap kinerja UMKM melalui praktik akuntansi manajemen. Penelitian ini dilakukan melalui penyebaran kuesioner. Penyebaran kuesioner dilakukan secara online melalui google form yang ditujukkan kepada pelaku UMKM dalam barang konsumen yang ada di Jawa Timur. Pemilihan sampel menggunakan metode snowball sampling. Sampel pada penelitian ini sebanyak 124 responden. Penelitian ini membuktikan bahwa Gaya kepemimpinan transformasional berpengaruh terhadap praktik akuntansi manajemen tahap 1 di UMKM. Praktik akuntansi manajemen tahap 1 mempunyai peranan sebagai mediasi antara gaya kepemimpinan transformasional terhadap kinerja UMKM.

Item Type: Thesis (Masters)
Department: S2 - Akuntansi
Contributors:
ContributionContributorsNIDN / NIDKEmail
Thesis advisorRachmawati, DynaNIDN0712077001dyna@ukwms.ac.id
Uncontrolled Keywords: Gaya kepemimpinan transformasional, praktik akuntansi manajemen, kinerja UMKM
Subjects: Business > Accounting
Divisions: Graduate School > Master Program in Accounting
Depositing User: Sandra Fransiska Sethieawan
Date Deposited: 27 Jul 2020 04:35
Last Modified: 27 Jul 2020 04:35
URI: http://repository.wima.ac.id/id/eprint/22437

Actions (login required)

View Item View Item