Pembuatan Tannin Based Adsorbent (TBA) dari kulit kayu bakau (Rhizophora mucronata) dan aplikasinya sebagai penyerap zat warna

Bage, Thomas Morus Papo and Fanggidae, Theodorus Sandy (2019) Pembuatan Tannin Based Adsorbent (TBA) dari kulit kayu bakau (Rhizophora mucronata) dan aplikasinya sebagai penyerap zat warna. Working Paper (Laporan Penelitian Laboratorium (FT-Kimia)). Faculty of Engineering, Surabaya. (Submitted)

[thumbnail of ABSTRAK]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of BAB 1]
Preview
Text (BAB 1)
BAB 1.pdf

Download (101kB) | Preview
[thumbnail of BAB 2] Text (BAB 2)
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (443kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 3] Text (BAB 3)
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (236kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 4] Text (BAB 4)
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (646kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 5]
Preview
Text (BAB 5)
BAB 5.pdf

Download (384kB) | Preview
[thumbnail of LAMPIRAN] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (618kB) | Request a copy

Abstract

Aktivitas industri yang semakin berkembang menyebabkan efek samping berupa pencemaran lingkungan. Salah satu penyebab terjadinya pencemaran lingkungan adalah kandungan zat warna Malachite Green (MG) di dalam air limbah. Jika dikonsumsi, air dengan kadar MG yang tinggi dapat menyebabkan masalah kesehatan, seperti gangguan sistem kekebalan tubuh, pemicu kanker, dan kerusakan DNA, sehingga perlu dilakukan penurunan kadar MG sebelum dibuang ke lingkungan. Adsorpsi merupakan salah satu metode untuk menurunkan kadar MG. Salah satu bahan baku pembuatan adsorbent adalah kulit kayu bakau, karena mengandung crude tannin yang cukup tinggi, yaitu sebesar 20-30%, dengan mengubahnya terlebih dahulu menjadi Tannin Based Adsorbent (TBA). Penelitian ini bertujuan mempelajari adsorpsi limbah MG menggunakan TBA dari kulit kayu bakau. Dalam penelitian ini, tanin yang digunakan sebagai adsorbent diperoleh dengan cara ekstraksi menggunakan metode Microwave Assisted Extraction (MAE), selanjutnya dimodifikasi menjadi TBA melalui proses polimerisasi menggunakan formaldehida. Setelah itu dilakukan proses adsorpsi dengan memvariasikan rasio massa adsorbent:volume limbah, suhu dan waktu adsorpsi. Analisa kadar MG dilakukan dengan menggunakan Spectrophotometer UV-VIS. Selain itu, dilakukan percobaan dengan menvariasikan massa adsorben untuk menentukan persamaan isoterm adsorpsinya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa persen removal MG tertinggi dicapai pada rasio massa adsorbent:volume MG 1:100 gram/mL, suhu adsorpsi 60ºC, dan waktu adsorpsi 120 menit. Persamaan kinetika adsorpsi MG menggunakan TBA dari kulit kayu bakau mengikuti persamaan linier orde 2 semu dan persamaan non-linier orde 2 semu, sedangkan isotherm adsorpsinya mengikuti persamaan Langmuir.

Item Type: Monograph (Working Paper (Laporan Penelitian Laboratorium (FT-Kimia)))
Department: S1 - Teknik Kimia
Contributors:
Contribution
Contributors
NIDN / NIDK
Email
Thesis advisor
Sudaryanto, Yohanes
NIDN0730056201
nesto@ukwms.ac.id
Thesis advisor
Anggorowati, Adriana Anteng
NIDN0728026101
adrianaanteng@gmail.com
Subjects: Engineering
Engineering > Chemical Engineering
Divisions: Faculty of Engineering > Chemical Engineering Study Program
Depositing User: Users 8580 not found.
Date Deposited: 30 Jul 2020 06:29
Last Modified: 30 Jul 2020 06:29
URI: http://repository.ukwms.ac.id/id/eprint/22469

Actions (login required)

View Item View Item