Analisis dan perancangan prosedur operasional standar (POS) atas sistem persediaan pada usaha dagang elektronik (Studi kasus pada UD "UT")

Candra, Gunadi (2020) Analisis dan perancangan prosedur operasional standar (POS) atas sistem persediaan pada usaha dagang elektronik (Studi kasus pada UD "UT"). Undergraduate thesis, Widya Mandala Catholic University Surabaya.

[thumbnail of ABSTRAK]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (918kB) | Preview
[thumbnail of BAB 1]
Preview
Text (BAB 1)
BAB 1.pdf

Download (341kB) | Preview
[thumbnail of BAB 2] Text (BAB 2)
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (623kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 3] Text (BAB 3)
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (336kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 4] Text (BAB 4)
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 5]
Preview
Text (BAB 5)
BAB 5.pdf

Download (337kB) | Preview
[thumbnail of LAMPIRAN] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini adalah penelitian mengenai studi kasus yang dilakukan pada UD “UT” yang merupakan usaha dagang yang kegiatan utamanya yakni menjual barang-barang elektronik. Sebagai UD “UT” yang terus berkembang, UD “UT” perlu memperbaiki sistem persediaanya agar dapat meningkatkan kegiatan operasional pada UD “UT”. Beberapa permasalahan yang terjadi di dalam objek penelitian ini adalah permasalahan pertama, tidak adanya surat jalan untuk bagian pengiriman sehingga mengakibatkan UD “UT” tidak memiliki bukti bahwa barang yang dikirimkan oleh bagian pengiriman telah sesuai dengan barang yang telah dipesan oleh pelanggan dan apakah barang tersebut sudah terima atau tidak. Permasalahan kedua, tidak adanya kartu stok pada saat penerimaan dan pengeluaran barang sehingga mengakibatkan UD “UT” tidak mengetahui informasi mengenai persediaan secara pasti jumlah barang yang diterima dari pemasok, dan yang dikeluarkan untuk dikirimkan kepada pelanggan. Permasalahan ketiga, tidak adanya laporan penerimaan barang pada saat penerimaan barang sehingga mengakibatkan UD “UT” tidak memiliki bukti pengecekan barang yang dikirim dari pemasok, juga tidak mengetahui apakah kondisi barangnya dalam keadaan baik atau tidak, dan apakah sesuai dengan order pembeliannya. Maka dari permasalahan yang ada pada UD “UT” peneliti bertujuan merancang Prosedur Operasi Standar (POS) sistem persediaan pada UD “UT”. Dalam penelitian ini terdapat isi perancangan sistem prosedur yang dimulai dari analisis, evaluasi, memberikan saran-saran perbaikan, dan solusi terhadap permasalahan pada sistem persediaan UD “UT”. Jenis data yang digunakan yakni data kualitatif sedangkan sumber data yang didapatkan yakni struktur organisasi, job description, dokumen-dokumen yang terkait, sistem dan prosedur persediaan, dan flowchart. ,Metode yang digunakan peneliti pada saat mengumpulkan data-data yakni pertama, metode wawancara yakni dengan cara mengajukan beberapa pertanyaan terhadap karyawan dan pemilik UD “UT”. Kedua , metode observasi yakni terjun ke lapangan secara langsung untuk melakukan pengamatan pada proses bisnis yang sedang berlangsung. Ketiga, metode dokumentasi yakni dengan cara mengumpulkan data atau dokumen yang terkait dengan aktivitas kegiatan operasional perusahaan pada sistem persediaanya. Maka dari hal tersebut peneliti bertujuan merancangkan Prosedur Operasional Standar (POS) dan format dokumen terkait sistem persediaan UD “UT agar dapat mengatasi permasalahan yang ada dan membantu pemilik dalam menjalankan proses bisnisnya.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Department: S1 - Akuntansi
Contributors:
Contribution
Contributors
NIDN / NIDK
Email
Thesis advisor
Wehartaty, Tineke
NIDN0714047401
tineke@ukwms.ac.id
Uncontrolled Keywords: Sistem informasi akuntansi, prosedur operasional standar (POS), sistem persediaan
Subjects: Business > Accounting
Divisions: Faculty of Business > Accounting Undergraduate Study Program
Depositing User: Users 8591 not found.
Date Deposited: 23 Jul 2020 07:11
Last Modified: 23 Jul 2020 07:11
URI: http://repository.ukwms.ac.id/id/eprint/22478

Actions (login required)

View Item View Item