Pengaruh profitabilitas, kebijakan dividen, dan struktur modal terhadap nilai perusahaan manufaktur yang terdaftar di BEI pada tahun 2016-2018

Soetopo, Louisa Yosephine (2020) Pengaruh profitabilitas, kebijakan dividen, dan struktur modal terhadap nilai perusahaan manufaktur yang terdaftar di BEI pada tahun 2016-2018. Undergraduate thesis, Widya Mandala Catholic University Surabaya.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (882kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 1)
BAB 1.pdf

Download (112kB) | Preview
[img] Text (BAB 2)
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (242kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3)
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (191kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4)
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (172kB) | Request a copy
[img]
Preview
Text (BAB 5)
BAB 5.pdf

Download (156kB) | Preview
[img] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (131kB) | Request a copy

Abstract

Dengan beragamnya industri manufaktur di Indonesia, para investor akan mengkaji dan memilih untuk menanamkan saham pada perusahaan yang bernilai tinggi. Nilai perusahaan yang baik akan menarik investor untuk menanamkan sahamnya. Terdapat beberapa faktor yang dapat mempengaruhi nilai perusahaan. Salah satunya adalah profitabilitas, kebijakan dividen dan struktur modal. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk menguji dan menganalisis pengaruh profitabilitas, kebijakan dividen dan struktur modal terhadap nilai perusahaan. Desain penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan uji hipotesis, dimana jenis data yang digunakan merupakan data kuantitatif berupa laporan keuangan perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2016-2018. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan metode purposive sampling, dan berdasarkan kriteria yang sudah ditetapkan, terdapat 43 perusahaan yang memenuhi kriteria tersebut. Teknik analisis data yang digunakan pada penelitian ini adalah analisis regresi linear berganda. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa profitabilitas berpengaruh positif terhadap nilai perusahaan karena ketika perusahaan yang memiliki profitabilitas tinggi akan membuat ketertarikan dan minat investor untuk berinvestasi meningkat, sehingga nilai perusahaan juga meningkat dengan harapan akan mendapat laba yang tinggi pula. Kebijakan dividen berpengaruh positif terhadap nilai perusahaan karena perusahaan yang membagikan dividen yang tinggi akan dipercaya oleh masyarakat dan investor, sehingga kepercayaan ini akan meningkatkan saham perusahaan dan nilai perusahaan. Struktur modal berpengaruh positif terhadap nilai perusahaan karena investor akan lebih tertarik dengan perusahaan yang memiliki hutang yang tinggi dan dapat terpenuhi dengan stabilitas keuangan yang baik karena investor menganggap perusahaan tersebut akan berusaha dengan optimal, sehingga nilai perusahaan akan meningkat.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Department: S1 - Akuntansi
Contributors:
ContributionContributorsNIDN / NIDKEmail
Thesis advisorJ.Th. Budianto T., .NIDN0716036101budianto@ukwms.ac.id
Thesis advisorSurjaatmaja, LukasNIDN0719109301lukas_atmaja@ukwms.ac.id
Uncontrolled Keywords: Profitabilitas, kebijakan dividen, struktur modal, nilai perusahaan
Subjects: Business > Accounting
Divisions: Faculty of Business > Accounting Undergraduate Study Program
Depositing User: Users 8606 not found.
Date Deposited: 29 Jul 2020 07:14
Last Modified: 29 Jul 2020 07:14
URI: http://repository.wima.ac.id/id/eprint/22528

Actions (login required)

View Item View Item