Laporan kerja praktek di PT. Untung Bersama Sejahtera Surabaya

Priambada, Antanius Daru and Hartoyo, Samuel Sindhunata (2019) Laporan kerja praktek di PT. Untung Bersama Sejahtera Surabaya. Project Report (PKL, PKIPP, Magang D3, Praktik Kerja Profesi Apoteker, Profesi Guru, Profesi Ners dan Profesi Insiyur). Faculty of Engineering, Surabaya. (Submitted)

[thumbnail of ABSTRAK]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (351kB) | Preview
[thumbnail of BAB 1]
Preview
Text (BAB 1)
BAB 1.pdf

Download (86kB) | Preview
[thumbnail of BAB 2] Text (BAB 2)
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (426kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 3] Text (BAB 3)
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (241kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 4]
Preview
Text (BAB 4)
BAB 4.pdf

Download (396kB) | Preview
[thumbnail of LAMPIRAN] Text (LAMPIRAN)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (214kB) | Request a copy

Abstract

PT. Untung Bersama Sejahtera merupakan salah satu perusahaan yang bergerak di bidang pembuatan emas dan perhiasan. PT. Untung Bersama Sejahtera memiliki beberapa divisi untuk menunjang aktivitas produksi, salah satunya adalah Divisi Elegant Gold Variasi (EGV). EGV merupakan divisi yang memproduksi berbagai macam model perhiasan. Dalam proses produksinya, banyak sekali bahan dan mesin yang digunakan yang masing-masing memiliki risikonya sendiri. Salah satu contoh adalah bahan kimia yang digunakan yang bisa membahayakan jika tidak ditangani dengan benar. Dari alasan itu, dilakukanlah penelitian dengan tujuan untuk mengetahui segala risiko pada departemen EGV. Peneliti juga ingin mengetahui cara penanganan risiko kerja yang ada. Peneliti menggunakan metode RIM (Risk Identification Management) yaitu suatu metode atau teknik untuk mengidentifikasi potensi bahaya kerja dengan mendefinisikan karakteristik bahaya yang mungkin terjadi dan mengevaluasi risiko yang terjadi melalui penilaian risiko dengan menggunakan matriks penilaian risiko. Dari hasil penelitian, didapatkan bahwa risiko pada departemen EGV memang tidak seluruhnya teridentifikasi, karena identifikasi risiko ini merupakan hasil pemikiran dari peneliti bagaimana sebuah aktivitas dapat menyebabkan sebuah bahaya kepada karyawan/perusahaan. Masalah asap hasil patri yang masih terhirup cukup banyak oleh karyawan dan jam kerja yang terlalu panjang merupakan risiko yang cukup berbahaya. Karena itu diperlukan perhatian khusus untuk menangani kemungkinan risiko diatas.

Item Type: Monograph (Project Report (PKL, PKIPP, Magang D3, Praktik Kerja Profesi Apoteker, Profesi Guru, Profesi Ners dan Profesi Insiyur))
Department: S1 - Teknik Industri
Contributors:
Contribution
Contributors
NIDN / NIDK
Email
Thesis advisor
Mulyana, Ignatius Jaka
NIDN0710047001
jmulyono@ukwms.ac.id
Uncontrolled Keywords: Penanganan risiko kerja, Metode RIM, Asap hasil patri
Subjects: Engineering > Industrial Engineering
Divisions: Faculty of Engineering > Industrial Engineering Study Program
Depositing User: Users 8535 not found.
Date Deposited: 31 Jul 2020 10:46
Last Modified: 31 Jul 2020 10:46
URI: http://repository.ukwms.ac.id/id/eprint/22538

Actions (login required)

View Item View Item