Pengaruh mekanisme corporate governance dan leverage terhadap financial distress

Christianty, Agatha Wahyu (2020) Pengaruh mekanisme corporate governance dan leverage terhadap financial distress. Undergraduate thesis, Widya Mandala Catholic University Surabaya.

[thumbnail of ABSTRAK]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (880kB) | Preview
[thumbnail of BAB 1]
Preview
Text (BAB 1)
BAB 1.pdf

Download (80kB) | Preview
[thumbnail of BAB 2] Text (BAB 2)
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (282kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 3] Text (BAB 3)
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (618kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 4] Text (BAB 4)
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (547kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 5]
Preview
Text (BAB 5)
BAB 5.pdf

Download (183kB) | Preview
[thumbnail of LAMPIRAN] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (643kB) | Request a copy

Abstract

Corporate governance adalah serangkaian hubungan antara berbagai pihak di dalam perusahan yang menentukan kinerja dan sasaran perusahaan. Didalam corporate governance terdapat mekanisme tata kelola yang terdiri dari dewan direksi, dewan komisaris, dan pemegang saham yang terlibat dalam pengambilan keputusan perusahaan. Penerapan corporate governance yang tidak tepat dapat membawa perusahaan pada kondisi financial distress. Financial distress adalah penurunan kondisi keuangan perusahaan sebelum terjadinya kebangkrutan. Oleh karena itu, pengelolaan perusahaan harus diawasi agar dapat berjalan sesuai tujuan perusahaan dan terhindar dari financial distress. Financial distress dapat terjadi karena beberapa faktor. Penelitian ini bertujuan untuk menguji dan menganalisis pengaruh kepemilikan institusional, kepemilikan manajerial, dewan direksi, komisaris independen dan leverage terhadap financial distress. Objek penelitian adalah perusahaan manufaktur yang terdaftar pada Bursa Efek Indonesia (BEI) pada tahun 2016-2018. Sampel yang dipilih menggunakan purposive sampling. Berdasarkan kriteria yang telah ditetapkan maka didapat 60 sampel yang telah memenuhi kriteria. Pada penelitian ini teknik analisis data yang digunakan adalah regresi logistik. Hasil penelitian financial distress dengan model Altman revisi Z-score yaitu rata-rata perusahaan mengalami potensi kebangkrutan dan berada di grey area walaupun masih ada perusahaan yang diprediksi sehat. Untuk analisis regresi logistik menunjukkan leverage berpengaruh positif signifikan terhadap financial distress, sedangkan kepemilikan institusional, kepemilikan manajerial, dewan direksi dan komisaris independen tidak berpengaruh terhadap financial distress.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Department: S1 - Akuntansi
Contributors:
Contribution
Contributors
NIDN / NIDK
Email
Thesis advisor
Hariyanto, Simon
NIDN8810001019
simon@ukwms.ac.id
Thesis advisor
Sofian, .
NIDN0714098905
sofian@ukwms.ac.id
Uncontrolled Keywords: Kepemilikan institusional, kepemilikan manajerial, dewan direksi, komisaris independen, leverage, corporate governance, financial distress
Subjects: Business > Accounting
Divisions: Faculty of Business > Accounting Undergraduate Study Program
Depositing User: Users 8651 not found.
Date Deposited: 29 Jul 2020 11:24
Last Modified: 29 Jul 2020 11:24
URI: http://repository.ukwms.ac.id/id/eprint/22633

Actions (login required)

View Item View Item