Laporan kerja praktek PT. Indonesia Nan Ya Indah Plastics Corporation (10 Juni -10 Agustus 2019)

Sanjaya, Maria Devina (2019) Laporan kerja praktek PT. Indonesia Nan Ya Indah Plastics Corporation (10 Juni -10 Agustus 2019). Project Report (PKL, PKIPP, Magang D3, Praktik Kerja Profesi Apoteker, Profesi Guru, Profesi Ners dan Profesi Insiyur). Faculty of Engineering, Surabaya. (Submitted)

[thumbnail of ABSTRAK]
Preview
Text (ABSTRAK)
cover.pdf

Download (849kB) | Preview
[thumbnail of BAB 1]
Preview
Text (BAB 1)
bab 1.pdf

Download (246kB) | Preview
[thumbnail of BAB 2] Text (BAB 2)
bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (85kB)
[thumbnail of BAB 3] Text (BAB 3)
bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (388kB)
[thumbnail of BAB 4] Text (BAB 4)
bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (361kB)
[thumbnail of BAB 5] Text (BAB 5)
bab 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (755kB)
[thumbnail of BAB 6] Text (BAB 6)
bab 6.pdf
Restricted to Registered users only

Download (618kB)
[thumbnail of BAB 7] Text (BAB 7)
bab 7.pdf
Restricted to Registered users only

Download (343kB)
[thumbnail of BAB 8] Text (BAB 8)
bab 8.pdf
Restricted to Registered users only

Download (386kB)
[thumbnail of BAB 9]
Preview
Text (BAB 9)
bab 9.pdf

Download (141kB) | Preview
[thumbnail of LAMPIRAN] Text (LAMPIRAN)
lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (304kB)

Abstract

PT. Indonesia Nanya Indah Plastics Corporation (INNAN) merupakan suatu pabrik plastik yang berlokasi di jalan Hanoman Dalam No.1, Semarang. Pabrik ini berdiri pada tanggal 5 Febuari 1976. Perusahaan ini merupakan salah satu bagian dari Formosa Plastics Group Taiwan (FPG). Sebagai PT yang bergerak dibidang industri plastik, PT. INNAN memiliki produk utama yang dihasilkan berupa lembaran PVC sheet, PVC sponge leather dan PVC rigid. Bahan baku utama yang digunakan yaitu PVC (polyvynil chloride) dan plasticizer. Dan adapun penambahan bahan aditif seperti pewarna, filler, stabilizer, dan modifier. Hasil Produksi dari PT. INNAN merupakan bahan baku yang digunakan untuk pembuatan tas, sepatu, jas hujan, karpet, sofa, dan jok mobil atau motor. Produk-produk ini kemudian didistribusikan ke pabrik lokal dan luar negeri. PT. INNAN memiliki empat jenis plant. Plant I untuk pembuatan lem dan proses pengeleman pada kain dan embossing. Pada plant II untuk proses pembuatan sponge dan sheet. Plant III untuk proses pengembangan sponge dengan menggunakan oven, embossing, surface coating, dan printing. Sedangkan pada Plant IV untuk pembuatan Sheet Rigid dan Calendaring Sheet. Untuk produk gagal dalam produksi akan dikumpulkan dan disortir di ruang afalan. Produk gagal yang sudah disortir sesuai standar pabrik kemudian diolah kembali sebagai bahan tambahan PVC sehingga dapat mengurangi biaya bahan baku PVC. PT. INNAN menggunakan utilitas berupa air dari PDAM, listrik dari PLN, dan Oli. Air dari PDAM digunakan sebagai media pemanas dan media pendingin. Listrik digunakan untuk memenuhi proses produksi dan penerangan. Oli digunakan sebagai media pemanas dengan suhu tinggi. Sedangkan untuk limbah yang dihasilkan oleh PT. INNAN hanya berupa produk gagal yang dihasilkan pada saat proses produksi. Produk gagal yang dihasilkan kemudian dipisahkan berdasarkan standard dari PT. INNAN agar dapat digunakan kembali sebagai pengganti PVC. Perusahaan dipimpin oleh seorang Presiden Direktur dan dibantu oleh seorang Wakil Presiden Direktur, Direksi, Kepala Pabrik, dan Manajemen Representative. Setiap dari masing-masing jabatan memiliki hak dan wewenang yang telah ditetapkan oleh perusahaan. Tugas khusus yang dilakukan adalah menganalisa penyebab kelainan produk PVC sponge dengan unsur 5W+1H. Kelainan produk yang dapat dialami PVC sponge adalah tidak mengembangnya produk. Hal ini dapat disebabkan karena beberapa potensi masalah yang timbul, diantaranya kalibrasi alat, penambahan foaming agent kurang tepat atau kurang bagus, tebal PVC pada saat pemrosesan di mesin calendar tidak sesuai dan terlalu lama berada di mesin calendar. Berdasarkan hasil observasi dapat disimpulkan bahwa permasalahan ini terjadi karena tebal PVC yang terbentuk pada saat pemrosesan di mesin calendar kurang sesuai dengan standar ukuran yang telah ditentukan. Untuk itu, perusahaan harus mengambil beberapa tindakan untuk meningkatkan efisiensi produksi.

Item Type: Monograph (Project Report (PKL, PKIPP, Magang D3, Praktik Kerja Profesi Apoteker, Profesi Guru, Profesi Ners dan Profesi Insiyur))
Department: S1 - Teknik Kimia
Contributors:
Contribution
Contributors
NIDN / NIDK
Email
Thesis advisor
Irawaty, Wenny
NIDN072027301
UNSPECIFIED
Subjects: Engineering
Engineering > Chemical Engineering
Divisions: Faculty of Engineering > Chemical Engineering Study Program
Depositing User: Users 8636 not found.
Date Deposited: 04 Aug 2020 08:22
Last Modified: 04 Aug 2020 08:22
URI: http://repository.ukwms.ac.id/id/eprint/22731

Actions (login required)

View Item View Item