Pengaruh Kinerja Lingkungan dan Biaya Lingkungan Terhadap Kinerja Keuangan Pada Perusahaan Pertambangan Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Tahun 2015-2018

Pangestu, Rani (2020) Pengaruh Kinerja Lingkungan dan Biaya Lingkungan Terhadap Kinerja Keuangan Pada Perusahaan Pertambangan Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Tahun 2015-2018. Undergraduate thesis, Widya Mandala Catholic University Surabaya.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (658kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 1)
BAB 1.pdf

Download (32kB) | Preview
[img] Text (BAB 2)
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (334kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3)
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (263kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (225kB) | Request a copy
[img]
Preview
Text (BAB 5)
BAB 5.pdf

Download (38kB) | Preview
[img] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (404kB) | Request a copy

Abstract

Perusahaan dalam menjalankan bisnisnya akan membawa pengaruh pada lingkungan disekitarnya. Lingkungan yang ada disekitar nantinya akan memberikan timbal balik pada kehidupan kita. Oleh karena itu kita perlu menjaga dan melestarikan lingkungan disekitar. Perusaahaan perlu melakukan anggaran biaya lingkungan untuk memperbaiki kerusakaan lingkungan disekitar perusahaan akibat aktivitas perusahaan serta sebagai bentuk kepedulian terhadap masyarakat. Agar keberadaan perusahaan tersebut dapat diterima dengan baik oleh masyarakat. Upaya yang dapat dilakukan oleh perusahaan untuk mewujudkan lingkungan yang baik dengan meningkatkan kinerja lingkungannya. Untuk mengetauhi perusahaan yang telah melakukan perbaikan dan mengelola lingkungan disekitar maka perusahaan dapat dilihat dari kinerja lingkungan yang telah terdaftar di PROPER. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetauhi pengaruh kinerja lingkungan dan biaya lingkungan terhadap kinerja keuangan pada Perusahaan Pertambangan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2015-2018. Kinerja keuangan diukur menggunakan Return on Assets (ROA), Kinerja lingkungan diukur dengan tingkatan perusahaan yang sudah terdaftar di PROPER, dan biaya lingkungan diukur menggunakan biaya yang dikeluarkan oleh perusahaan untuk pengelolaan lingkungan dibagi dengan laba bersih. Sampel yang digunakan dipilih dengan menggunakan teknik purposive sampling kriterianya yaitu perusahaan yang perusahaan pertambangan yang terdaftar di BEI, perusahaan yang mempublikasikan laporan tahunan, perusahaan yang menggunakan mata uang rupiah, dan perusahaan yang terdaftar di PROPER. Desain penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatife dengan pengujian hipotesis. Penelitian ini menggunakan teknik analisis data regresi linier berganda. Untuk mengolah datanya menggunakan bantuan aplikasi Statistical Program for Social Science (SPSS) Versi 23. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa biaya lingkungan tidak berpengaruh terhadap kinerja keuangan, sedangkan kinerja lingkungan berpengaruh terhadap kinerja keuangan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Department: S1 - Akuntansi
Contributors:
ContributionContributorsNIDN / NIDKEmail
Thesis advisorMudjilah, RahayuNIDN0718085905UNSPECIFIED
Thesis advisorSurjaatmaja, LukasNIDN0719109301UNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: kinerja lingkungan, biaya lingkungan, dan kinerja keuangan.
Subjects: Business > Accounting
Divisions: Faculty of Business > Accounting Undergraduate Study Program
Depositing User: Rani Pangestu
Date Deposited: 01 Aug 2020 03:26
Last Modified: 03 Dec 2020 02:20
URI: http://repository.wima.ac.id/id/eprint/22751

Actions (login required)

View Item View Item