Belangga, Irsanda Vega (2020) Studi kepustakaan mengenai model pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) dalam kemampuan matematika anak usia 4-5 tahun. Undergraduate thesis, Widya Mandala Catholic University Surabaya.
Preview |
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf Download (1MB) | Preview |
Preview |
Text (BAB 1)
BAB 1.pdf Download (220kB) | Preview |
Text (BAB 2)
BAB 2.pdf Restricted to Registered users only Download (405kB) |
|
Text (BAB 3)
BAB 3.pdf Restricted to Registered users only Download (190kB) |
|
Text (BAB 4)
BAB 4.pdf Restricted to Registered users only Download (802kB) |
|
Preview |
Text (BAB 5)
BAB 5.pdf Download (156kB) | Preview |
Abstract
Pendidikan bagi anak usia dini semestinya diberikan melalui cara yang menyenangkan dan sesuai dengan tahapan usia anak. Namun pada kenyataannya, hal ini tidak berjalan sebagaimana mestinya. Seperti yang terjadi pada beberapa lembaga PAUD di Surabaya yang pernah peneliti observasi, dimana Lembar Kerja Anak (LKA) merupakan komponen utama dalam pembelajaran calistung. Berdasarkan permasalahan tersebut, penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui konsep model pembelajaran Contextual Teaching and Learning dalam kemampuan membilang angka secara urut pada anak usia 4-5 tahun. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Studi Kepustakaan dengan menelusuri kajian-kajian dalam bentuk buku maupun artikel dalam jurnal yang berkaitan dengan penelitian ini. Teknik analisis data yang digunakan adalah metode analisis isi. Hasil akhir dari penelitian ini menunjukkan bahwa Model pembelajaran yang cocok dan dekat dengan anak adalah Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning. Berdasarkan hasil analisis data model pembelajaran CTL ini dapat membantu anak untuk mengenal konsep matematika karena dalam pelaksanaanya digunakan kegiatan-kegiatan kontekstual yang melibatkan anak secara aktif dalam membangun pemahamannya mengenai sesuatu hal.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Department: | S1 - Pendidikan Guru PAUD |
Contributors: | Contribution Contributors NIDN / NIDK Email Thesis advisor Puridawaty, Brigita NIDN0711108002 gitawm@ukwms.ac.id Thesis advisor Anggraini, Kristin NIDN0707097909 kristinanggraini@ukwms.ac.id |
Uncontrolled Keywords: | Model pembelajaran contextual teaching and learning, konsep matematika anak usia dini, teori kognitif piaget |
Subjects: | Early Childhood Education |
Divisions: | Faculty of Teacher Training and Education > Early Childhood Education Study Program |
Depositing User: | Irsanda Vega Belangga |
Date Deposited: | 11 Aug 2020 02:10 |
Last Modified: | 11 Aug 2020 02:10 |
URI: | http://repository.ukwms.ac.id/id/eprint/23150 |
Actions (login required)
View Item |