Studi kasus penerapan sentra bahan alam dalam mengembangkan motorik halus anak usia 3-4 tahun di KB Santa Maria Surabaya

Wolfe, Wenny Natalia Maria (2020) Studi kasus penerapan sentra bahan alam dalam mengembangkan motorik halus anak usia 3-4 tahun di KB Santa Maria Surabaya. Undergraduate thesis, Widya Mandala Catholic University Surabaya.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
Wenny ABSTRAK FINAL.pdf

Download (406kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 1)
BAB I.pdf

Download (327kB) | Preview
[img] Text (BAB 2)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (478kB)
[img] Text (BAB 3)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (322kB)
[img] Text (BAB 4)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (624kB)
[img] Text (BAB 5)
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (251kB)
[img]
Preview
Text (BAB 6)
BAB VI.pdf

Download (419kB) | Preview
[img] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (710kB)

Abstract

Setiap anak usia dini berhak memperoleh pendidikan yang diberikan baik melalui keluarga maupun disekolah. Karena anak usia dini dari usia 0-6 tahun merupakan masa-masa yang perlu memperoleh stimulus dari orang tua maupun lingkungan sekolah. Oleh karena itu dalam upaya yang bermanfaat untuk membantu mengoptimalkan pertumbuhan dan perkembangan melalui stimulus, agar dapat berkembang secara optimal sesuai dengan tahapan usia. Maka seperti kita ketahui bahwa setiap anak antara anak yang satu dengan yang lainnya berbeda tingkat pertumbuhan dan perkembangannya. Hal tersebut tergantung dari stimulus yang diberikan dan diterima oleh setiap anak. Maka apabila stimulus baik dapat diterima sehingga membantu setiap anak pada aspek perkembangan yang terdiri dari agama, bahasa, kognisi, motorik halus, motorik kasar, seni, dan sosial emosional. Salah satu dari ke enam aspek yang diamati oleh penulis yaitu motorik halus. Sebagai upaya untuk mengembangkan kemapuan motorik halus anak melalui model pembelajaran yang digunakan adalah sentra bahan alam. Sentra berasal dari kata centre yang artinya pusat. Sentra merupakan tempat yang telah dipersiapkan oleh pendidik dan diberikan kepada anak sebagai kegiatan bermain. Bentuk pembelajaran sentra membantu anak untuk mengeksplorasi dengan menggunakan kemampuannya melalui berbagai macam alat sebagai pendukung perkembanagan melalui: main sensorimotor, main simbolik (main peran), dan main pembangunan (cair dan terstruktur). Peneliti melakukan studi kasus yang menggunakan jenis penelitian kualitatif. Menurut tokoh Moleong penelitian kualitatif berupa narasi secara alami yang terjadi di lapangan. Maka peneliti untuk memproleh data dari yang terobservasi yaitu anak usia dini 3-4 tahun melalui teknik pengumpulan yang terdiri dari observasi, wawancara sertan dokumentasi. Yang diambil pada saat proses belajar mengajar di sentra bahan alam berlangsung.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Department: S1 - Pendidikan Guru PAUD
Contributors:
ContributionContributorsNIDN / NIDKEmail
Thesis advisorPuridawaty, BrigitaNIDN0711108002gitaukwms@ukwmsl.ac.id
Thesis advisorAnggraini, KristinNIDN0707097909kristinanggraini@ukwms.ac.id
Uncontrolled Keywords: Perkembangan motorik halus, sentra bahan alam
Subjects: Early Childhood Education
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Early Childhood Education Study Program
Depositing User: Wenny Natalia
Date Deposited: 13 Aug 2020 12:29
Last Modified: 13 Aug 2020 12:29
URI: http://repository.wima.ac.id/id/eprint/23168

Actions (login required)

View Item View Item