Hubungan antara intensitas bermain game console dengan kemampuan menjalin hubungan interpersonal pada masa remaja

Yanuar, Laurentius Nico (2005) Hubungan antara intensitas bermain game console dengan kemampuan menjalin hubungan interpersonal pada masa remaja. Undergraduate thesis, Widya Mandala Catholic University Surabaya.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
Abstrak.pdf

Download (294kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 1)
BAB 1.pdf

Download (236kB) | Preview
[img] Text (BAB 2)
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (583kB)
[img] Text (BAB 3)
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (187kB)
[img] Text (BAB 4)
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (332kB)
[img] Text (BAB 5)
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (177kB)
[img]
Preview
Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf

Download (353kB) | Preview

Abstract

Dalam era globalisasi ini, kecanggihan teknologi membuat orang semakin bersifat individualis. Salah satu produk teknologi dalam dunia game adalah game console yang dapat membuat seseorang menjadi individualis. Game console akan menyebabkan hubungan interpersonal individu menjadi berubah. Tujuan penelitian yang ingin dicapai adalah untuk mengetahui apakah ada hubungan antara intensitas bermain game console dengan kemampuan menjalin hubungan interpersonal pada masa remaja. Banyak faktor yang mempengaruhi hubungan interpersonal diantaranya adalah faktor kedekatan, kesamaan, kemenarikan fisik, perasaan. saling menyukai, perasaan saling melengkapi dan kompetensi. Penelitian yang bersifat kuantitatif ini melibatkan 30 orang subyek laki­laki yang masih duduk di kelas 1 SMU Katolik St. Louis 2 Surabaya yang berusia 14-18 tahun. Alasan pengambilan subyek ini karena pada masa usia remaja merupakan masa usia perubahan minat dan pola perilaku sehingga nilai-nilainya juga berubah, apa yang dianggap penting pada masa kanak-kanak setelah dewasa menjadi tidak penting lagi. Dalam hal ini ketika bertemu dengan teman sekelas baru maka teman baru tersebut dianggap tidak penting Iagi apabila individu tersebut sudah bermain game console sehingga menjadi individualis. Penelitian ini menggunakan incidental sampling, yaitu pengambilan sampel dilakukan dengan mengambil subyek yang ada. Data yang diungkap melalui metode angket terbuka dan angket tertutup dianalisis dengan menggunakan teknik statistik non parametrik yaitu korelasi Kendall's tau_b Analisis data dilakukan dengan menggunakan bantuan program komputer SPSS for Windows versi 13. Hasil penelitian menunjukkan bahwa koefisien korelasi yang diperoleh adalah -0,032 dengan p = 0,823 (p > 0.05). Hasil penelitian ini menunjukkan tidak ada hubungan yang signifikan antara intensitas bermain game console dengan kemampuan menjalin hubungan interpersonal pada masa remaja.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Psychology
Divisions: Faculty of Psychology > Psychology Study Program
Depositing User: Users 33 not found.
Date Deposited: 26 Jun 2015 08:54
Last Modified: 26 Jun 2015 08:54
URI: http://repository.wima.ac.id/id/eprint/2321

Actions (login required)

View Item View Item