Persepsi mengenai slogan iklan rokok A Mild ditinjau dari mahasiswa yang merokok dan tidak merokok di Universitas Katolik Widya Mandala Surabaya

Wijayanti, Kristiana (2005) Persepsi mengenai slogan iklan rokok A Mild ditinjau dari mahasiswa yang merokok dan tidak merokok di Universitas Katolik Widya Mandala Surabaya. Undergraduate thesis, Widya Mandala Catholic University Surabaya.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
Abstrak.pdf

Download (262kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 1)
BAB 1.pdf

Download (229kB) | Preview
[img] Text (BAB 2)
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (279kB)
[img] Text (BAB 3)
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (474kB)
[img] Text (BAB 4)
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (336kB)
[img] Text (BAB 5)
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (202kB)
[img]
Preview
Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf

Download (851kB) | Preview

Abstract

Perusahaan harus mampu menggunakan alat promosi agar dapat memposisikan pesan iklan produk yang diiklankan di benak konsumen sehingga dapat bersaing di pasar dan memperoleh keuntungan yang besar. Salah satu faktor yang dapat mempengaruhi konsumen untuk membeli suatu produk adalah persepsinya terhadap slogan iklan. Penelitian ini memfokuskan pada slogan iklan rokok merek A Mild yang berbeda dengan iklan produk lain yaitu tidak memperlihatkan seseorang yang sedang merokok serta kata-kata yang ditampilkan cukup singkat dan unik seperti bukan basa-basi dan lain-lain tanpa diikuti kata­kata yang mengungkapkan keunggulan produknya. Oleh karena itu, tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah ada perbedaan persepsi terhadap slogan iklan seperti "bukan basa-basi" antara mahasiswa yang merokok dan tidak merokok serta seberapa besar pengaruh slogan iklan terhadap persepsi mengenai ketertarikan berperilaku merokok pada mahasiswa Univeritas Katolik Widya Mandala Surabaya. Subjek penelitian (N = 160) adalah mahasiswa yang merokok dan tidak merokok dari fakultas ekonomi, fakultas teknologi pangan (FTP), fakultas farmasi (FF), dan fakultas psikologi ( FPSI). Pengambilan sampel dilakukan dengan cara incidental sampling, sedangkan pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan kuesioner. Data yang diperoleh dianalisis dengan teknik analisis regresi (anareg) dan analisis varians (anava). Hasil analisis varians memperoleh nilai F = 22,124 dengan p = 0,000 (p < 0,05) yang berarti ada perbedaan persepsi mengenai ketertarikan merokok yang sangat signifikan antara mahasiswa yang merokok dan tidak merokok. Sedangkan hasil analisis regresi memperoleh hasil sumbangan efektif dari persepsi mengenai slogan iklan ditinjau dari ketertarikan berperilaku merokok sebesar 32,210%. Hal ini menunjukkan bahwa slogan iklan mempengaruhi persepsi rnengenai ketertarikan berperilaku merokok sebesar 32,210% sedangkan 67,79% dipengaruhi faktor yang lain.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Slogan iklan, persepsi, perilaku merokok
Subjects: Psychology
Divisions: Faculty of Psychology > Psychology Study Program
Depositing User: Users 33 not found.
Date Deposited: 26 Jun 2015 08:55
Last Modified: 26 Jun 2015 08:55
URI: http://repository.wima.ac.id/id/eprint/2322

Actions (login required)

View Item View Item