Analisis motivasi pelaksanaan Kurikulum Berbasis Kompetensi dalam Kegiatan Belajar Mengajar ditinjau dari persepsi dan sikap guru di SMP Santa Maria Surabaya, SMP Santa Ursula Jakarta dan SMP Providentia Bandung

Dewi, Noorwindhi Kartika (2005) Analisis motivasi pelaksanaan Kurikulum Berbasis Kompetensi dalam Kegiatan Belajar Mengajar ditinjau dari persepsi dan sikap guru di SMP Santa Maria Surabaya, SMP Santa Ursula Jakarta dan SMP Providentia Bandung. Undergraduate thesis, Widya Mandala Catholic University Surabaya.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
Abstrak.pdf

Download (426kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 1)
BAB 1.pdf

Download (349kB) | Preview
[img] Text (BAB 2)
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (869kB)
[img] Text (BAB 3)
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (245kB)
[img] Text (BAB 4)
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB 5)
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf

Download (8MB) | Preview

Abstract

Implementasi Kurikulum Berbasis Kompetensi (KBK) di dunia pendidikan Indonesia mulai dilaksanakan tahun 2004 secara bertahap, namun berbagai fakta di lapangan menunjukkan bahwa sosialisasi dan implementasi kurikulum ini menimbulkan reaksi yang berbeda-beda di berbagai kalangan dan para guru di SMP Santa Maria Surabaya, SMP Santa Ursula Jakarta serta SMP Providentia Bandung. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui besarnya korelasi serta peran persepsi dan sikap guru pada implementasi KBK terhadap motivasinya melaksanakan KBK dalam KBM (Kegiatan Belajar Mengajar), juga apakah ada perbedaan persepsi, sikap dan motivasi guru terhadap pelaksanaan KBK dalam KBM di ketiga sekolah tersebut, sehingga dapat dipahami apakah sistem pembelajaran dengan pendekatan KBK siap dilaksanakan guru di SMP Santa Maria Surabaya, Santa Ursula Jakarta dan Providentia Bandung. Subyek penelitian (N=81) terdiri dari guru SMP Santa Maria Surabaya, SMP Santa Ursula Jakarta serta SMP Providentia Bandung, yang sekolahnya telah melaksanakan KBK mulai tahun ajaran 2004/2005. Pengambilan data dilakukan dengan cara purposive sampling, sedangkan pengumpulan data dilaksanakan dengan menggunakan angket. Data yang diperoleh dianalisis dengan uji statistik parametrik, menggunakan teknik korelasi, analisa regresi ganda dan anova. Hasil analisis hubungan antara persepsi-motivasi memperoleh koefisien korelasi sebesar 0.740, sedangkan antara sikap-motivasi memperoleh koefisien korelasi sebesar 0.863. Nilai p yang diperoleh masing-masing adalah 0.000 (p<0.05), yang berarti bahwa ada hubungan secara signifikan antara persepsi dan sikap guru pada implementasi KBK dengan motivasinya melaksanakan KBK dalam KBM. Hasil analisis regresi ganda diperoleh SO efektif persepsi sebesar 5.634% dan sikap sebesar 74.434% dengan p= 0.000 (p<0.05), yang berarti bahwa persepsi dan sikap guru pada implementasi KBK berpengaruh secara signifikan terhadap motivasinya melaksanakan KBK dalam KBM. Analisis homogenitas varians menghasilkan nilai p ≤_ 0.05, yang berarti tidak ada perbedaan varians dari ketiga variabel penelitian. Analisis uji-t terhadap variabel motivasi untuk ketiga sekolah memperoleh nilai p>0.05, yang berarti bahwa tidak ada perbedaan motivasi guru melaksanakan KBK dalam KBM ditinjau dari tempat mengajar. Analisis uji-t variabel persepsi untuk Santa Maria - Santa Ursula memperoleh p=0.037, Providentia - Santa Ursula memperoleh p=0.022 (p<0.05), dan Santa Maria - Providentia memperoleh p=0.823 (p>0.05), sehingga hasil analisis menunjukkan ada perbedaan persepsi guru SMP Santa Maria dengan SMP Santa Ursula, serta SMP Providentia dengan SMP Santa Ursula pada implementasi KBK, sedangkan SMP Santa maria dengan SMP Providentia mempunyai persepsi yang sama terhadap implementasi KBK. Analisis uji-t variabel sikap untuk ketiga sekolah memperoleh nilai p>0.05, yang berarti tidak ada perbedaan sikap guru pada implementasi KBK ditinjau dari tempat mengajar. Secara deskriptif diperoleh hasil bahwa sebagian besar subyek penelitian mempunyai motivasi yang tergolong tinggi (65.4%) untuk melaksanakan KBK dalam KBM, persepsi yang tergolong sedang (64.2%) dan sikap yang tinggi (58.0%) pada implementasi KBK.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Department: ["eprint_fieldopt_department_Faculty of Psycology" not defined]
Uncontrolled Keywords: Motivasi, persepsi, sikap, KBK dan KBM.
Subjects: Psychology
Divisions: Faculty of Psychology > Psychology Study Program
Depositing User: Users 33 not found.
Date Deposited: 26 Jun 2015 08:55
Last Modified: 26 Jun 2015 08:55
URI: http://repository.wima.ac.id/id/eprint/2323

Actions (login required)

View Item View Item