Studi kepustakaan penerapan kegiatan meronce dalam mengembangkan motorik halus anak usia 4-5 tahun

Wula, Maria Rufina Febriany (2020) Studi kepustakaan penerapan kegiatan meronce dalam mengembangkan motorik halus anak usia 4-5 tahun. Undergraduate thesis, Widya Mandala Catholic University Surabaya.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (338kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 1)
BAB 1.pdf

Download (319kB) | Preview
[img] Text (BAB 2)
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (678kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3)
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (321kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4)
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (372kB) | Request a copy
[img]
Preview
Text (BAB 5)
BAB V.pdf

Download (211kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan kegiatan meronce dalam mengembangkan kemampuan motorik halus anak usia 4-5 tahun. Berdasarkan pengalaman observasi yang dilakukan oleh peneliti, kondisi dilapangan pada saat ini menunjukkan, ada beberapa sekolah yang masih mengabaikan perkembangan peserta didiknya, salah satunya perkembangan motorik halus. Hal ini dapat dilihat dari pemberian kegiatan yang kurang bervariasi dan tidak sesuai dengan karakteristik peserta didik. Subjek dalam penelitian ini adalah anak usia dini berusia 4-5 tahun. Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian kepustakaan (Library Research) yang pada umumnya peneliti tidak mengambil data ke tempat penelitian, sehingga data yang diperoleh peneliti berasal dari penelitian-penelitian terdahulu yang relevan dari beberapa sumber jurnal dan sumber data yang digunakan dalam penelitian ini diambil dari jurnal-jurnal penelitian terdahulu dan buku-buku terkait tentang penelitian yang dilakukan. Metode analisis data yang digunakan pada penelitian ini ialah metode analisis data deskriptif. Metode analisis deskriptif juga termasuk dalam kategori metode penelitian kualitatif yang melukiskan keadaan objektif. Dari adanya fakta atau peristiwa tersebut dapat dilihat adanya perbedaan disetiap permasalahan tertentu yang yang tampak sebagaimana mestinya Berdasarkan analisis data dan pembahasan diperoleh hasil bahwa kegiatan meronce dengan menggunakan media bahan alam yang dapat didaur ulang lebih berhasil diterapkan daripada dengan menggunakan media manik-manik dan benang, selain itu dapat dilihat keberhasilan yang lain yaitu kegiatan meronce juga dapat meningkatkan kemampuan kognitif anak, seni, nilai agama dan moral, kreatifitas dan imajinasi anak.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Department: S1 - Pendidikan Guru PAUD
Contributors:
ContributionContributorsNIDN / NIDKEmail
Thesis advisorPuridawaty, BrigitaNIDN0711108002gitawm@ukwms.ac.id
Thesis advisorCandra, Cressensia DinaNIDN0713058904UNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Anak usia dini, motorik halus, meronnce
Subjects: Early Childhood Education
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Early Childhood Education Study Program
Depositing User: Maria Rufina Febriany Wula
Date Deposited: 18 Aug 2020 01:56
Last Modified: 18 Aug 2020 01:56
URI: http://repository.wima.ac.id/id/eprint/23246

Actions (login required)

View Item View Item