Prestasi belajar ditinjau dari konsep diri dan motivasi belajar siswa SMA Katolik Santa Agnes Surabaya dan SMA Kolese De Britto Yogyakarta

Parengkuan, Femi Vike Sesilia (2005) Prestasi belajar ditinjau dari konsep diri dan motivasi belajar siswa SMA Katolik Santa Agnes Surabaya dan SMA Kolese De Britto Yogyakarta. Undergraduate thesis, Widya Mandala Catholic University Surabaya.

[thumbnail of ABSTRAK]
Preview
Text (ABSTRAK)
Abstrak.pdf

Download (290kB) | Preview
[thumbnail of BAB 1]
Preview
Text (BAB 1)
BAB 1.pdf

Download (209kB) | Preview
[thumbnail of BAB 2] Text (BAB 2)
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (601kB)
[thumbnail of BAB 3] Text (BAB 3)
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (372kB)
[thumbnail of BAB 4] Text (BAB 4)
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (380kB)
[thumbnail of BAB 5] Text (BAB 5)
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (316kB)
[thumbnail of LAMPIRAN]
Preview
Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Prestasi adalah salah satu bentuk mendasar pengaktualisasian diri seseorang. Tiada seorangpun dalam melakukan suatu pekerjaan atau tugas tanpa berkeinginan untuk mencapai hasil atau prestasi yang maksimal. Seorang siswa, dalam menuntut ilmu, juga dituntut untuk membuktikan dirinya dalam memperoleh prestasi belajar maksimal yang akan membantu dan mendorongnya untuk terus berkembang. Dilain pihak, prestasi belajar yang kurang memuaskan akan menghambat siswa dalam perkembangan dan mempersiapkan masa depannya dengan mantap. Disadari pula bahwa prestasi belajar siswa tidak hanya ditentukan oleh kecerdasan dan kemauan, tetapi juga oleh faktor-faktor lain seperti konsep diri dan motivasi belajar. Oleh karena itu, tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui sejauh mana peran konsep diri dan motivasi belajar terhadap pencapaian prestasi belajar siswa. Subyek penelitian (N=194) adalah siswa yang berasal dari SMA Katolik Santa Agnes Surabaya dan SMA Kolese De Britto Yogyakarta. Pengambilan sampel dilakukan dengan quota sampling dan diambil secara stratified serta menggunakan asumsi purposive sampling, sedangkan pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan angket. Data yang diperoleh setelah diskoring, editing dan tabulating, diuji kesahihan, keandalan, normalitas, linieritas, homogenitas kemudian dianalisis dengan teknik analisis regresi. Hasil analisis diperoleh sebagai berikut: ada peran positif konsep diri dan motivasi belajar terhadap pencapaian prestasi belajar pada siswa SMA Katolik Santa Agnes Surabaya dan SMA Kolese De Britto Yogyakarta. Secara simultan konsep diri dan motivasi belajar terbukti memberi pengaruh yang signifikan terhadap prestasi belajar siswa dengan nilai p = 0.028. Secara parsial variabel konsep diri memberi pengaruh yang signifikan sebesar p = 0.035, sedangkan variabel motivasi belajar tidak ada pengaruh yang signifikan terhadap prestasi belajar siswa karena nilai yang diperoleh adalah sebesar p = 0.571. Besar sumbangan efektif konsep diri adalah 3.443% dan motivasi belajar adalah 0.193%. Untuk masing-masing sekolah, yaitu SMA Katolik Santa Agnes Surabaya konsep dirinya sebesar 0.031%, motivasi belajar sebesar 0.004% dan SMA Kolese De Britto Yogyakarta konsep diri sebesar 6.874%, motivasi belajar sebesar 1.628%. Perbedaan konsep diri dan motivasi belajar terhadap pencapaian prestasi belajar pada siswa SMA Katolik Santa Agnes Surabaya dan SMA Kolose De Britto Yogyakarta tidak dapat dianalisis karena data tidak homogen

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Department: ["eprint_fieldopt_department_Faculty of Psycology" not defined]
Uncontrolled Keywords: Konsep diri, motivasi belajar, prestasi belajar
Subjects: Psychology
Divisions: Faculty of Psychology > Psychology Study Program
Depositing User: Users 33 not found.
Date Deposited: 26 Jun 2015 08:56
Last Modified: 26 Jun 2015 08:56
URI: http://repository.ukwms.ac.id/id/eprint/2325

Actions (login required)

View Item View Item