Penerapan model STAD dengan eksperimen pada pokok bahasan listrik dinamis untuk meningkatkan hasil belajar dan keaktifan siswa SMA Untung Suropati Krian.

Sinaryani, Margareta Lilis (2013) Penerapan model STAD dengan eksperimen pada pokok bahasan listrik dinamis untuk meningkatkan hasil belajar dan keaktifan siswa SMA Untung Suropati Krian. Undergraduate thesis, Widya Mandala Catholic University Surabaya.

[thumbnail of ABSTRAK]
Preview
Text (ABSTRAK)
Abstrak.pdf

Download (496kB) | Preview
[thumbnail of BAB 1]
Preview
Text (BAB 1)
Bab 1.pdf

Download (232kB) | Preview
[thumbnail of BAB 2] Text (BAB 2)
Bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (688kB)
[thumbnail of BAB 3] Text (BAB 3)
Bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (345kB)
[thumbnail of BAB 4] Text (BAB 4)
Bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (697kB)
[thumbnail of BAB 5]
Preview
Text (BAB 5)
Bab 5.pdf

Download (103kB) | Preview
[thumbnail of LAMPIRAN]
Preview
Text (LAMPIRAN)
Lampiran.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Pembelajaran pada umumnya menitikberatkan pada cara belajar siswa aktif. Siswa dituntut lebih banyak berusaha agar dapat memahami konsep dengan lebih baik. Oleh karenanya guru harus menerapkan berbagai metode pembelajaran yang berpusat pada siswa. Berdasarkan observasi di SMAK Untung Suropati Krian ternyata masih banyak siswa yang mendapatkan nilai di bawah Kriteria Ketuntasan Minimum (KKM). Hal semacam ini diakibatkan oleh siswa belum cukup aktif mengikuti pembelajaran serta kurangnya variasi metode pembelajaran. Data yang di dapatkan penulis, sebanyak kurang dari 20% siswa X.2 mendapat nilai di bawah KKM pada ulangan harian dan ketika Ujian Tengah Semester pada semester sebelumnya sebanyak 100% siswa tidak tuntas KKM. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar dan keaktifan siswa. Penelitian ini mengikuti pendekatan Penelitian Tindakan Kelas yang menggunakan pembelajaran model STAD dengan eksperimen. Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus. Hasil penelitian menunjukkan partisipasi siswa mencapai 74,5% dan 32,1% siswa mencapai KKM di akhir siklus I; dan partisipasi siswa mencapai 80,1% dan 75% siswa mencapai KKM di akhir siklus II. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan model STAD dengan eksperimen pada topic listrik dinamis dapat meningkatkan hasil belajar dan partisipasi siswa di SMAK Untung Suropati Krian

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Department: ["eprint_fieldopt_department_Faculty of Teacher Training and Education" not defined]
Uncontrolled Keywords: Penelitian Tindakan Kelas, model STAD dengan eksperimen, Listrik Dinamis
Subjects: Physic Education
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Physics Education Study Program
Depositing User: Users 12 not found.
Date Deposited: 15 May 2015 08:26
Last Modified: 15 May 2015 08:26
URI: http://repository.ukwms.ac.id/id/eprint/2333

Actions (login required)

View Item View Item