Putro, Andy Eko (2013) Papan pembelajaran berbasis huruf Braille dan rekaman pada pokok bahasan suhu dan kalor. Undergraduate thesis, Widya Mandala Catholic University Surabaya.
Preview |
Text (ABSTRAK)
Abstrak.pdf Download (701kB) | Preview |
Preview |
Text (BAB 1)
Bab 1.pdf Download (29kB) | Preview |
Text (BAB 2)
Bab 2.pdf Restricted to Registered users only Download (495kB) |
|
Text (BAB 3)
Bab 3.pdf Restricted to Registered users only Download (18kB) |
|
Text (BAB 4)
Bab 4.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
Preview |
Text (BAB 5)
Bab 5.pdf Download (18kB) | Preview |
Preview |
Text (LAMPIRAN)
Lampiran.pdf Download (477kB) | Preview |
Abstract
Kemampuan dasar dan bagian terpenting untuk mengerti dalam suatu proses pembelajaran fisika adalah penglihatan, tetapi kemampuan dan bagian tersebut tidak berlaku bagi peserta didik tunanetra yang memiliki keterbatasan penglihatan. Walaupun teknologi sudah berkembang pesat, media pembelajaran fisika untuk tunanetra belum ada. Tujuan dari penelitian adalah membuat media pembelajaran (papan dan rekaman materi) yang lebih mudah untuk digunakan dalam pembelajaran fisika serta memberi alternatif media pembelajaran bagi peserta didik tunanetra dalam mempelajari fisika sub pokok bahasan suhu dan kalor. Penelitian yang dilakukan adalah penelitian pengembangan dengan langkah langkah penelitian: studi pustaka materi, membuat media, validasi, dan perbaikan media. Hasil dari penelitian adalah papan Braille dan rekaman materi (keduanya untuk suhu dan kalor). Materi rekaman disimpan dalam bentuk CD. Media telah melalui proses validasi dari para ahli dan sudah diujicobakan pada peserta didik SMPLB YPAB Surabaya Hasil penelitian menunjukkan bahwa media dapat membantu pemahaman tentang suhu (83,33%) dan kalor (91,3%), serta sebanyak (100%) dan (91,3%) menyatakan bahwa papan suhu dan kalor mudah digunakan, secara total sebanyak 88,33% dan 87,39% menyatakan secara keseluruhan bahwa media (papan dan rekaman) suhu dan kalor adalah baik. Hasil tersebut diperkuat oleh validasi guru fisika yang memberi skor 3,6 untuk masing masing media
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Department: | ["eprint_fieldopt_department_Faculty of Teacher Training and Education" not defined] |
Uncontrolled Keywords: | Papan Pembelajaran untuk Tuna Netra, Braille,Rekaman serta Suhu dan Kalor. |
Subjects: | Physic Education |
Divisions: | Faculty of Teacher Training and Education > Physics Education Study Program |
Depositing User: | Users 12 not found. |
Date Deposited: | 15 May 2015 08:30 |
Last Modified: | 15 May 2015 08:30 |
URI: | http://repository.ukwms.ac.id/id/eprint/2334 |
Actions (login required)
View Item |