Bakti, Aileen (2020) Hubungan antara intensitas penggunaan instagram dengan pemenuhan kebutuhan informasi pada generasi milenial di Surabaya. Undergraduate thesis, Widya Mandala Surabaya Catholic University.
Preview |
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf Download (555kB) | Preview |
Preview |
Text (BAB 1)
BAB 1.pdf Download (514kB) | Preview |
Text (BAB 2)
BAB 2.pdf Restricted to Registered users only Download (304kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3)
BAB 3.pdf Restricted to Registered users only Download (174kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4)
BAB 4.pdf Restricted to Registered users only Download (358kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5)
BAB 5.pdf Restricted to Registered users only Download (321kB) | Request a copy |
|
Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (917kB) | Request a copy |
Abstract
Instagram merupakan salah satu aplikasi media sosial yang sangat digemari khususnya pada generasi milenial. Fungsi penggunaan Instagram sangatlah beragam. Pada umumnya pemakaian Instagram lebih banyak digunakan untuk memposting foto/video sehingga dapat menerima like/komentar dari postingan tersebut. Namun, peneiti mendapati bahwa banyak orang memakai Instagram sebagai sarana untuk pemenuhan kebutuhan terkait informasi. Maka, peneliti ingin melihat apakah seseorang yang menggunakan Instagram secara intens/sering juga memiliki tingkat pemenuhan kebutuhan informasi yang tinggi. Tujuan dari penelitian ini untuk menguji ada atau tidaknya hubungan antara intensitas penggunaan Instagram dengan pemenuhan kebutuhan informasi pada generasi milenial di Surabaya. Subjek penelitian ini yaitu Generasi milenial yang berada pada rentang usia 19-40 tahun, pengguna Instagram dan memiliki kartu tanda penduduk Surabaya. Teknik yang digunakan adalah Purposive sampling dimana peneliti menentukan sampel penelitian dengan beberapa pertimbangan tertentu yang bertujuan agar data yang diperoleh nantinya bisa lebih representatif. Metode pada penelitian ini menggunakan table self- report intensitas penggunaan Instagram dan skala pemenuhan kebutuhan informasi yang peneliti buat sendiri. Penelitian ini memiliki nilai koefisiensi korelasi R = 0,258** yang artinya kekuatan antar variable lemah dan berarah positif dimana semakin tinggi tingkat intensitas penggunaan Instagram maka semakin tinggi pula pemenuhan kebutuhan informasi seseorang, begitu pula dengan sebaliknya. Penelitian ini menggunakan uji nonparametik. dikarenakan data tidak memenuhi syarat uji asumsi (normalitas dan linieritas) untuk uji hipotesis, data yang dimiliki peneliti menunjukkan nilai p sebesar 0.008 (p < 0.05) maka HA diterima. Dengan demikian hasil penelitian ini sesuai dengan hipotesis penelitian yaitu ada hubungan antara intensitas penggunaan Instagram dengan pemenuhan kebutuhan informasi pada generasi milenial di Surabaya.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Department: | S1 - Psikologi |
Contributors: | Contribution Contributors NIDN / NIDK Email Thesis advisor Sudagijono, Jaka Santosa NIDN0721087302 jaka_s@ukwms.ac.id Thesis advisor Mulya, Happy Cahaya NIDN0703109401 happycahaya@ukwms.ac.id |
Uncontrolled Keywords: | Intensitas penggunaan Instagram, pemenuhan kebutuhan informasi, generasi milenial |
Subjects: | Psychology |
Divisions: | Faculty of Psychology > Psychology Study Program |
Depositing User: | Aileen Bakti |
Date Deposited: | 13 Jan 2021 05:33 |
Last Modified: | 15 Jan 2021 14:03 |
URI: | http://repository.ukwms.ac.id/id/eprint/23900 |
Actions (login required)
View Item |